kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sengketa Senkaku dengan China, Amerika siap bela Jepang kalau diserang


Kamis, 11 Februari 2021 / 17:05 WIB
Sengketa Senkaku dengan China, Amerika siap bela Jepang kalau diserang

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyuarakan keprihatinan atas serangan China ke perairan teritorial Jepang, berkomitmen kembali untuk pertahanan sekutu.

Dalam pembicaraan melalui telepon, Blinken dan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi "menyatakan keprihatinan atas ketegasan China yang meningkat di sekitar Kepulauan Senkaku, menyusul pemberlakuan Undang-Undang Penjaga Pantai China yang baru," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price, Rabu (10/2).

"Menteri Blinken menegaskan kembali bahwa Senkaku termasuk dalam cakupan Pasal V Perjanjian Keamanan AS-Jepang," ujarnya, mengacu pada bagian yang menyatakan kedua negara untuk saling membela jika salah satu diserang, seperti dikutip Channel News Asia.

Tokyo telah menyuarakan kekhawatiran atas peningkatan serangan China setelah Beijing memberlakukan undang-undang yang mengizinkan penjaga pantainya untuk menggunakan senjata terhadap kapal asing yang dianggap memasuki perairannya secara ilegal.

Baca Juga: Kapal induk AS di Laut China Selatan, China gelar latihan militer di Laut Kuning

Jepang mengelola kepulauan berbatu di Laut China Timur itu yang juga diklaim oleh China, yang menyebutnya Diaoyu, serta Taiwan.

Pernyataan Blinken datang ketika Presiden Joe Biden berjanji untuk menjaga garis keras pendahulunya Donald Trump di China yang sedang bangkit sementara juga memperhatikan sekutu AS.

Departemen Luar Negeri AS menyebutkan, Blinken dan Motegi juga membahas kudeta militer pekan lalu di Myanmar, di mana Biden akan memberikan hukuman bagi para jenderal jika mereka tidak mengembalikan kekuasaan kepada pemimpin terpilih.

Selanjutnya: Joe Biden tegaskan Pentagon akan tinjau strategi terhadap China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×