kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selama Ramadan dan Lebaran Tahun Ini, Telkomsel Siapkan 173 Posko Siaga


Kamis, 30 Maret 2023 / 09:05 WIB
Selama Ramadan dan Lebaran Tahun Ini, Telkomsel Siapkan 173 Posko Siaga

Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - CIANJUR. Operator telekomunikasi, Telkomsel menyediakan 173 posko siaga selama periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI 2023) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama mudik Lebaran. Posko siaga ini tersedia di berbagai titik keramaian serta area transit di jalur mudik. 

"Kami menyediakan 173 posko siaga, tentu untuk mengantisipasi not only selling tapi layanan juga. Tujuannya untuk memberikan experience terbaik (kepada pelanggan)," ungkap Senior Vice President Consumer Sales Operations Telkomsel Gilang Prasetya di acara konferensi pers Telkomsel Siaga Rafi 2023 di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (28/3). 

Gilang memaparkan, 173 posko siaga tersebut meliputi 18 posko utama dan 155 posko reguler. 

Dengan rincian, sebanyak 151 posko berada di wilayah Sumatera yang terdiri atas 6 posko utama dan 44 posko reguler. Lalu, 117 posko di Jabotabek Jabar (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Jawa Barat) meliputi 6 posko utama dan 38 posko reguler.

Baca Juga: Sinyal 3G Telkomsel di Seluruh Indonesia Bakal Dimatikan Paling Lambat Mei 2023

Kemudian 156 posko berada di Jawa-Bali (3 posko utama dan 47 posko reguler)dan terakhir 66 posko di Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) dengan 5 posko utama dan 26 posko reguler. 

Tak hanya fokus pada penyediaan ratusan posko siaga, Telkomsel juga  mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini dengan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan  pada 490 point of interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia. 

POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya. 

Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk yang menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.

"Ini adalah momen penting, saya yakin not only operator, tapi semua pengusaha mencoba memanfaatkan momentum ini untuk memberikan experience terbaik untuk menumbuhkan bisnis," sebut Gilang. 

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Global Network Operations Telkomsel Galumbang Pasaribu mengatakan bahwa Telkomsel memproyeksikan akan ada pergerakan yang cukup signifikan terhadap trafik komunikasi pelanggan selama RAFI 2023.  Untuk trafik layanan data/ broadband, diperkirakan melonjak hingga 11,2% dibandingkan hari biasa.

Pertumbuhan tersebut diperkirakan berasal dari aktivitas digital masyarakat, seperti akses layanan media sosial yang melonjak hingga 6,2%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sekitar 20%. 

Selain itu, ada juga layanan streaming video yang diproyeksi tumbuh 15,65, layanan mobile gaming naik 32,4%, akses browsing melonjak 2,4%, dan akses layanan e-commerce meningkat 7%.

Baca Juga: Trafik Telkom (TLKM) Saat Ramadan dan Idul Fitri Tahun Ini Dprediksi Naik 30%-36%

Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 8,5% serta layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekira 7,1%.

"SMS untuk normal day selalu turun, tapi saat puncak hari besar seperti Ramadan dan Idul Fitri atau juga Natal dan Tahun baru, biasanya naik. Karena masih banyak orang mengirimkan broadcast lewat SMS dan banyak blast iklan dari pengusaha lewat SMS," jelas Galumbang. 

Beragam program menarik juga disiapkan Telkomsel dalam menyambut RAFI 2023. Beberapa program bagi pelanggan antara lain, Mudik Bareng Telkomsel, Surprise Deal Ramadan, Maxtream Original for Ramadan, hingga Paket Sahur dan Ngabuburit. 

"Sebetulnya di luar ini masih banyak yang lain dan memang kami sesuaikan juga berdasarkan kebutuhan. Beragam layanan juga kami sediakan mulai siaga care dan customer care. Ini kurang lebih yang kami coba sediakan selama mudik dan Lebaran nanti mudah-mudahan bisa memenuhi harapan pelanggan," tandas Gilang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×