Selain Sarapan Murah Meriah, Ini Kebiasaan Hemat Warren Buffett yang Unik

Kamis, 17 November 2022 | 11:14 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Selain Sarapan Murah Meriah, Ini Kebiasaan Hemat Warren Buffett yang Unik


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warrem Buffett mungkin memiliki miliaran dolar di tangannya. Akan tetapi, Warren Buffett lebih suka menjalani hidup dengan sederhana.

Melansir Money Wise, Oracle of Omaha ini tidak akan ditemukan tinggal di sebuah rumah besar di Hollywood Hills, mengoleksi mobil sport mewah, atau makan setiap hari di restoran ternama. Ikon investasi itu mempraktikkan apa yang dia sebut tentang disiplin keuangan, menabung, dan melunasi utang.

Berikut adalah delapan cara berhemat Buffett dapat membantu Anda menabung dan membelanjakan uang dengan bijak, seperti yang dikutip Kontan dari Money Wise dan Yahoo News:

1. Warren Buffett jarang mengajukan pinjaman

Hipotek satu-satunya Buffett adalah saat membeli sebuah rumah liburan di Laguna Beach, California, yang dia beli pada tahun 1971, meskipun dia memiliki uang tunai untuk membeli properti tepi pantai yang terdaftar seharga US$ 150.000.

Dia mengatakan kepada CNBC bahwa dia mengambil pinjaman hipotek 30 tahun. "Saya pikir saya mungkin bisa berbuat lebih baik dengan uang itu daripada membeli semua ekuitas rumah," katanya. 

Dia memutuskan untuk menggunakan uang ekstra di tangan untuk saham di Berkshire Hathaway - perusahaan yang memberinya miliaran - sebagai gantinya.

Baca Juga: Kini Berumur 92 Tahun, Ini Diet Aneh yang Dilakukan Warren Buffett

2. Warren Buffett membeli sarapan dengan harga murah

Meski Warren Buffett dapat dengan mudah menyewa koki pribadi untuk memasakkannya makanan gourmet, dia sering membeli sarapan di Mc D dalam perjalanannya ke tempat kerja. Dia tidak menghabiskan lebih dari US$ 3,17 untuk makan paginya.

“Ketika saya tidak merasa begitu makmur, saya mungkin pergi dengan US$ 2,61, yang merupakan dua roti sosis, dan kemudian saya menggabungkannya dan menuangkan Coke untuk diri saya sendiri,” katanya dalam film dokumenter HBO Becoming Warren Buffett. 

”US$ 3,17 adalah biskuit bacon, telur, dan keju. Tetapi pasar sedang sepi pagi ini, jadi saya akan melewatkan US$ 3,17 dan pergi dengan US$ 2,95,” ceritanya.

Daripada pergi keluar untuk makan besar atau membeli latte dari Starbucks setiap hari, buatlah makan siang dan kopi Anda sendiri. 

Baca Juga: Jarang terjadi, Bernard Arnault jual rugi seluruh sahamnya di Carrefour

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru