kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi, Ini Daftar Tersangka Dugaan Korupsi Timah


Jumat, 29 Maret 2024 / 07:18 WIB
Selain Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi, Ini Daftar Tersangka Dugaan Korupsi Timah
ILUSTRASI. Selain Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi, Ini Daftar Tersangka Dugaan Korupsi Timah

Reporter: Adi Wikanto, Leni Wandira | Editor: Adi Wikanto

Harvey Moeis Suami Sandra Dewi - Jakarta. Suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis (HM) ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi kasus timah ilegal. Sebelum Harvey Moesis, Kejaksaan Agung (Kejagung telah menetapkan 15 tersangka lain, termasuk mantan direktur dan direktur utama PT Timah Tbk serta pengusaha lain di Bangka Belitung.

Kejagung menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk (TINS) tahun 2015-2022. 

Harvey Moesis ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi timah ilegal setelah menjelani pemeriksaan oleh tim penyidik Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS). Harvey Moesis pun langsung diberikan rompi tahanan warna pink oleh Kejagung. 

Harvey Moesis adalah pemegang saham perusahaan PT Refined Bangka Tin (RBT). Harvey Moesis awalnya berstatus sebagai saksi, tapi statusnya berubah menjadi tersangka. 

Diduga Harvey Moesis berperan sebagai kepanjangan tangan dari dua tersangka selaku pejabat RBT. Ia juga  terlibat dalam rangka mengakomodir kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah. 

"Sekira pada tahun 2018 hingga 2019, tersangka Harvey Moesis selaku Perwakilan PT RBT menghubungi tersangka MRPT alias RZ selaku Direktur Utama PT Timah Tbk dengan maksud untuk mengakomodir penambangan timah ilegal di wilayah IUP PT Timah Tbk," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumadena dalam keterangan resminya, Rabu (27/3) malam.

Baca Juga: Kejagung Tahan Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis Perkara Korupsi Timah, Ini Perannya

Kemudian, terjadi pertemuan antara tersangka Harvey Moesis dengan tersangka MRPT alias RZ, lalu setelah beberapa kali pertemuan terjadi kesepakatan kerja sewa-menyewa peralatan processing peleburan timah di wilayah IUP Timah, dimana tersangka Harvey Moesis mengkondisikan agar smelter PT SIP, CV VIP, PT SBS, dan PT TIN mengikuti kegiatan tersebut.

Kemudian, tersangka Harvey Moesis menginstruksikan kepada para pemilik smelter tersebut untuk mengeluarkan keuntungan bagi tersangka sendiri maupun para tersangka lain yang telah ditahan sebelumnya dengan dalih dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada tersangka Harvey Moesis melalui PT QSE yang difasilitasi oleh tersangka HLN.

Pasal yang disangkakan kepada Tersangka Harvey Moesis adalah Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 jo. Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo. Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Selanjutnya, tersangka Harvey Moesis dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Negara Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan selama 20 hari ke depan, terhitung mulai tanggal 27 Maret 2024 hingga 15 April 2024. 

Daftar tersangka kasus dugaan korupsi timah ilegal

Sebelumnya, Kejagung menetapkan 15 tersangka dugaan korupsi timah ilegal. Dengan demikian, saat ini ada 16 tersangka dugaan korupsi yang diperkirakan merugikan negara lebih dari Rp 200 triliun tersebut.

Berikut daftar tersangka dugaan korupsi timah ilegal:

  1. SG alias AW, pengusaha tambang di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  2. MBG, pengusaha tambang di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  3. HT alias ASN, direktur utama CV VIP (perusahaan milik tersangka TN alias AN)
  4. MRPT alias RZ, direktur utama PT Timah Tbk tahun 2016-2021
  5. EE alias EML, direktur keuangan PT Timah Tbk tahun 2017-2018
  6. BY, mantan komisaris CV VIP
  7. RI, direktur utama PT SBS
  8. TN, beneficial ownership CV VIP dan PT MCN
  9. AA, manager operasional tambang CV VIP
  10. TT, tersangka kasus perintangan penyidikan perkara
  11. RL, general manager PT TIN
  12. SP, direktur utama PT RBT
  13. RA, direktur pengembangan usaha PT RBT
  14. ALW, direktur operasional tahun 2017, 2018, 2021 dan direktur pengembangan usaha tahun 2019-2020 PT Timah Tbk
  15. Helena Lim alias HLN, Manager PT QSE
  16. Harvey Moeis (HM), pengusaha 

Profil Harvey Moesis

Diberitakan Kompas.com, Harvey Moeis adalah seorang pengusaha berdarah keturunan Papua, Ambon, dan Makassar. Ia lahir pada 20 November 1985 dari pasangan Hayong Moeis dan Irma Silviani. Nama Harvey Moeis mulai dikenal setelah menikah dengan aktris Sandra Dewi pada 8 November 2016.

Harvey Moeis dan Sandra mengucap janji suci di Gereja Katedral, Jakarta, yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Berselang 6 hari tepatnya 14 November 2016, pasangan ini menggelar resepsi pernikahan.

Resepsi Harvey Moeis dan Sandra jadi sorotan publik lantaran diselenggarakan di Disneyland, Tokyo, Jepang.

Dikutip dari Tribunnews.com, Harvey Moeis adalah seorang pengusaha batubara. Ia disebut-sebut menguasai tambang batubara di Bangka Belitung yang tak lain merupakan kampung halaman sang istri.

Salah satu perusahaan yang dijalankan Harvey yakni PT Multi Harapan Utama. Ia menjabat sebagai Presiden Komisaris di perusahaan batubara itu.

Mengutip website resmi perusahaan, PT Multi Harapan Utama (MHU) adalah perusahaan pertambangan batubara yang ditunjuk oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan kegiatan pertambangan (eksplorasi dan operasi produksi) batubara. Wilayah operasi MHU terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Harvey juga disebut-sebut memiliki saham di lima perusahaan batubara lainnya, yakni PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Sariwiguna Bina Sentosa dan PT Stanindo Inti Perkasa. Baik Harvey maupun Sandra tak banyak mengumbar kehidupan pribadinya. Namun, pasangan tersebut dikabarkan memiliki berbagai fasilitas mewah, mulai dari mobil mahal hingga jet pribadi.

Nama Harvey Moeis pernah viral pada tahun 2023. Hal itu terjadi saat sang istri, Sandra Dewi menceritakan bahwa suaminya memberikan tunjangan hari raya (THR) yang besar kepada asisten rumah tangga (ART). 

Walhasil, ART Sandra Dewi pun menolak kembali bekerja di rumah artis tersebut dan lebih memilih memulai usaha dengan modal THR dari Harvey Moeis. 

Itulah daftar tersangka dugaan korupsi timah ilegal yang merugikan negara triliunan rupiah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×