kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah Perusahaan Konstruksi Mempersiapkan Diri Ikut Tender Proyek Pembangunan IKN


Senin, 04 Juli 2022 / 06:55 WIB
Sejumlah Perusahaan Konstruksi Mempersiapkan Diri Ikut Tender Proyek Pembangunan IKN

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) tengah bersiap untuk mengikuti tender proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sudah memulai tender untuk sejumlah proyek infrastruktur IKN. Mulai dari pembangunan Jalan tol IKN, Istana Negara dan Lapangan Upacara, hingga Kantor Presiden. 

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Novianto Ari Nugroho mengungkapkan bahwa Waskita Karya sendiri memiliki target raihan kontrak baru, yang salah satunya didapatkan dari tender pembangunan proyek IKN. 

Baca Juga: Proyek Jalan Tol IKN Segera Dilelang, Begini Respons BPJT, Jasa Marga, hingga WIKA

"Waskita Karya sangat berminat untuk mengikuti tender-tender proyek di IKN karena Perseroan juga menargetkan raihan kontrak baru dari pembangunan proyek IKN," ungkap Novianto kepada Kontan.co.id, Kamis (7/6) lalu. 

Saat ini Waskita sendiri sudah membentuk team persiapan proyek IKN. Adapun, pembangunan proyek IKN tersebut membutuhkan kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha lainya, dengan demikian BUMN Karya akan dilibatkan dalam proyek tersebut melalui proses mekanisme tender. 

"Seperti beauty contest, siapa yang paling bagus desainnya, mutu pekerjaannya, cepat pengerjaannya dan hemat dari segi biaya," tuturnya. 

Setali tiga uang, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) juga tengah mengikuti beberapa tender proyek-proyek IKN. Namun memang ADHI tidak buka-bukaan lebih detail terkait proyek IKN apa saja yang berhasil diraih. 

Baca Juga: Menengok Kariangau Terminal, Calon Pelabuhan untuk Logistik Ibu Kota Nusantara (IKN)

"Saat ini ADHI tengah mengikuti beberapa tender proyek-proyek IKN seperti infrastruktur Jalan dan Gedung Pemerintahan, dan lain-lain," kata Corporate Secretary ADHI Farid Budiyanto. 

Tak hanya ADHI dan WSKT, PT Hutama Karya (Persero) (HK) juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti proses lelang proyek IKN yang dimulai di bulan Juli ini.

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Tjahjo Purnomo bilang, pihaknya masih menunggu proses lelang dibuka, sehingga bisa segera menyiapkan proyek infrastruktur mana yang akan Hutama Karya Bangun. 

"Saat ini kami masih menunggu proses lelang dibuka sehingga kami bisa menyiapkan proyek infrastruktur mana yang bisa kami kembangkan untuk IKN. Karena di targetkan pada tahun 2024 beberapa proyek infrastruktur dasar selesai," kata Tjahjo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×