kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sehari setelah dibuka, lebih dari 450.000 orang mendaftar haji


Kamis, 17 Juni 2021 / 03:05 WIB
Sehari setelah dibuka, lebih dari 450.000 orang mendaftar haji

Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JEDDAH. Sebuah portal elektronik untuk jemaah haji domestik menerima lebih dari 450.000 aplikasi dalam waktu 24 jam setelah dibuka, kata Kementerian Haji dan Umrah Saudi. Pendaftaran laki-laki mencapai 60 persen dan perempuan 40 persen dari total aplikasi, kata kementerian itu.

Pendaftaran bagi mereka yang ingin melakukan haji pada tahun 2021 dibatasi untuk warga dan penduduk di dalam Kerajaan, dengan total 60.000 peziarah, sehubungan dengan pandemi coronavirus (COVID-19).

Dr Abdulfattah Mashat, wakil menteri haji dan umrah, mengatakan bahwa hanya mereka yang berusia di atas 18 tahun yang akan diizinkan memasuki tempat-tempat suci selama musim haji tahun ini. Dalam sebuah wawancara di saluran TV Al-Ekhbariya, Mashat mengatakan bahwa anak-anak tidak akan termasuk dalam kelompok yang menerima vaksin dan tidak akan diizinkan memasuki situs tersebut.

Wakil menteri menegaskan bahwa aplikasi untuk haji tahun ini tersedia untuk semua negara melalui portal elektronik. Prioritas akan diberikan kepada orang-orang di atas 50 yang belum pernah melakukan haji. 

Baca Juga: Asbisindo: Keberangkatan jamaah haji 2021 batal, dana haji di bank syariah tetap aman

Di antara pelamar untuk haji tahun ini adalah pejabat senior budaya dan keterlibatan Saudi berusia 25 tahun di Bupa Arabia, Mohammed Gamlo. “Saya memiliki banyak keraguan tentang haji tahun ini; apakah saya bisa menjalankan tahun ini atau tidak?” katanya kepada Arab News.

"Saya sangat senang ketika kementerian membuat pengumuman dan saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus menjadi yang pertama mendaftar,” ujar Gamlo.

Jika lamaran Gamlo diterima, ini akan menjadi pengalaman haji pertamanya. “Setiap kali saya mencoba pergi haji, tidak pernah berhasil,” terangnya.

Dia mengatakan bahwa jumlah jemaah yang terbatas akan memudahkan perjalanan. Mengomentari perbaikan yang dilakukan oleh kementerian, Gamlo mengatakan: “Tenda telah dimodernisasi, kapasitas telah meningkat dan transportasi antar tempat suci telah difasilitasi, berkat kereta api dan bus.”

Pada hari Selasa, kementerian membagikan gambar di Twitter yang menunjukkan penyelesaian fase pertama alokasi kamp ke institusi dan perusahaan untuk peziarah domestik.

Persiapan kementerian akan terus dilakukan hingga akhir pekan ini, sesuai dengan persyaratan dan standar kesehatan untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada jemaah haji.
Pendaftaran jemaah haji domestik harus diselesaikan sebelum 23 Juni. Untuk menghindari pembatalan, paket harus dibeli dalam waktu tiga jam setelah pemilihan.

Selanjutnya: Shalat subuh telat, Arab Saudi pecat dua pejabat senior Masjid Nabawi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×