kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segera cek namamu, 95% insentif Kartu Pekerja sudah cair


Selasa, 23 November 2021 / 10:15 WIB
Segera cek namamu, 95% insentif Kartu Pekerja sudah cair

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Insentif Kartu Prakerja sudah cair sebanyak 95% dengan anggaran Rp 11,7 triliun. Kabar baik tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Insentif tersebut diterima oleh peserta Kartu Prakerja dari gelombang 12 sampai gelombang 22. 

"Dan yang mendapat insentif sebesar 95% dan insentif tersalur 11,7 triliun. Jadi hampir seluruhnya sudah diserap dalam program Kartu Prakerja," kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM, Senin (22/11/2021). 

Airlangga menuturkan, dari 5,9 juta peserta, penerima yang sudah menyelesaikan pelatihan mencapai 5,9 juta. Seperti diketahui, peserta Kartu Prakerja diberikan insentif berupa biaya pelatihan senilai Rp 1 juta, dana insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000/bulan selama 4 bulan, dan dana insentif survei Rp 50.000/survei selama 3 kali. 

Airlangga juga memastikan, program Kartu Prakerja bakal berlanjut di tahun 2022. Selain pelatihan secara daring, pemerintah berencana mengadakan pelatihan luring (luar jaringan) di semester II 2022. 

Baca Juga: Kartu Prakerja dapat acungan jempol dari Bank Dunia, ini alasannya

"Kartu prakerja akan dilanjutkan tahun depan dan dalam enam bulan programnya masih sama, enam bulan berikutnya diharapkan kita sudah bisa membuat program yang luring, bukan hanya daring," ujar Airlangga. 

Nantinya, program Kartu Prakerja tahun depan bukan hanya ditujukan sebagai program semi bansos. Seperti perencanaan awal, program tersebut akan terus ada untuk menambah skill (upskilling) para pencari kerja. 

Airlangga berujar, Kartu Prakerja mampu mendorong inklusi keuangan karena banyak peserta yang baru memiliki rekening bank atau akun dompet digital (e-wallet) setelah mengikuti program. 

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja gagal cair? Bisa jadi karena 5 alasan ini

Hal itu juga membuat lembaga internasional seperti Bank Dunia (World Bank) menyebut, Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang memberikan akses modal kepada warga, meningkatkan daya beli, dan memberikan pelatihan sesuai situasi. 

"Kartu prakerja juga membuat market baru, yaitu market edu tech pendidikan melalui sarana digital. Ini melibatkan 1.700 program kursus digital dengan platform. Jadi akselerasi yang mendapat apresiasi masyarakat dan global," pungkas Airlangga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Insentif Kartu Prakerja Sudah Cair 95 Persen, Kamu Termasuk?"
Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Bambang P. Jatmiko

Selanjutnya: Lolos Kartu Prakerja belum tentu insentif langsung cair, ini 5 penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×