Segera beroperasi, ini rute-rute dan tarif Super Air Jet

Selasa, 29 Juni 2021 | 00:10 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Segera beroperasi, ini rute-rute dan tarif Super Air Jet

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah selesai melaksanakan proses sertifikasi terhadap permohonan Air Operator Certificate (AOC) PT. Super Air Jet (SAJ) dengan tipe pesawat Airbus A320 pada hari Jumat (25/6) di Kantor Kementerian Perhubungan.

Novie Riyanto, Direktur Jenderal Perhubungan Udara menyebutkan bahwa PT. Super Air Jet telah memegang Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036, yang diterbitkan pada tanggal 17 September 2020.

“Proses sertifikasi dalam rangka penerbitan Air Operator Certificate (AOC) sudah kami lakukan berdasarkan surat permohonan dari pihak SAJ sejak 30 September 2020,” ujar nya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (28/6). 

Adapun proses sertifikasi itu mengacu pada ketentuan ICAO dan regulasi penerbangan yang berlaku di Indonesia yang dilaksanakan melalui 5 tahapan atau fase yaitu: Pre Application, Formal Application, Document Compliance, Demonstration & Inspection, dan Certification. Seluruh tahapan ini telah dilaksanakan sertifikasi selama 9 bulan. 

Baca Juga: Super Air Jet mungkin akan mengisi rute maskapai yang sudah tutup

Sebagai informasi, SAJ adalah pemegang Air Operator Certificate pertama yang disertifikasi setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Presiden Nomor  5 Tahun 2021 tentang  Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, dengan demikian persyaratan diterbitkan AOC yaitu minimal jumlah pesawat udara yang dioperasikan adalah tiga pesawat.

Sementara itu, berdasarkan website resmi www.superaitjet.com, maskapai teranyar itu akan menawarkan sejumlah rute dari Jakarta ke beberapa destinasi diantaranya yakni Palembang, Pekanbaru, Medan Kualanamu, Pontianak, Padang, Batam, Lombok, Bali, hingga Banjarmasin. 

Dari rute-rute tersebut, maskapai ini pun menawarkan harga yang dibanderol mulai dari Rp 300.000. Dari tawaran harga itu, Super Air Jet juga menawarkan gratis bagasi hingga 20 kilogram untuk setiap penumpang. Namun hingga saat ini, menurut pantauan Kontan.co.id, laman website tersebut masih belum tersedia dan akan segera diluncurkan. 

Baca Juga: Tak lama lagi, maskapai baru Super Air Jet melayani penerbangan komersial tanah air

Adapun, bila dirincikan, berikut adalah tarif rute-rute domestik yang ditawarkan yakni Jakarta - Palembang dibanderol mulai dari Rp 252.000, Jakarta - Pekanbaru mulai dari Rp 423.000, Jakarta - Medan Kualanamu mulai dari Rp 536.000, Jakarta - Pontianak mulai Rp 385.000, dan Jakarta - Padang mulai Rp 440.000.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru