CLOSE [X]

Sebelum Agustus 2022, AS Berusaha Meratifikasi Keanggotaan Finlandia di NATO

Senin, 16 Mei 2022 | 21:41 WIB   Reporter: Handoyo
Sebelum Agustus 2022, AS Berusaha Meratifikasi Keanggotaan Finlandia di NATO

ILUSTRASI. Bendera nasional anggota NATO. REUTERS/Yves Herman


KONTAN.CO.ID - HELSINKI. Kongres AS akan berusaha untuk meratifikasi aplikasi Finlandia untuk bergabung dengan aliansi militer Barat NATO sebelum Agustus 2022, kata pemimpin Senat AS dari Partai Republik Mitch McConnell di Helsinki setelah bertemu dengan Presiden Finlandia Sauli Niinisto.

Kanada, sekutu Amerika Utara NATO lainnya, juga menjanjikan ratifikasi cepat. "Tentu saja kami berharap untuk mencapainya sebelum reses Agustus," kata McConnell kepada wartawan, Senin.

Niinisto mengkonfirmasi pada hari Minggu bahwa Finlandia akan mengajukan keanggotaan NATO, dalam perubahan kebijakan bersejarah yang didorong oleh invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina. Swedia juga berencana untuk bergabung.

Baca Juga: NATO Menyebut Invasi Rusia Tidak Berjalan Sesuai Rencana, Ini Alasannya

McConnell mengatakan ada dukungan bipartisan yang luas di antara anggota parlemen AS untuk keanggotaan Finlandia. "Untuk jumlah perolehan suara, itu akan sangat signifikan. Tidak bulat, tapi sangat signifikan," katanya.

McConnell menekankan komitmen Partai Republik untuk melanjutkan partisipasi AS dalam aliansi militer.

"Tentu saja, itu bukan pandangan mayoritas di Partai Republik, tentu bukan pandangan mayoritas di antara Senat Republik atau DPR Republik," katanya ketika ditanya tentang pandangan mantan Presiden AS Donald Trump tentang menarik negaranya keluar dari NATO.

Baca Juga: Presiden Zelenskyy: Pasukan Rusia di Jalan Buntu dalam Konflik dengan Kami

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengatakan pada hari Senin bahwa Kanada juga mendukung aksesi NATO yang cepat ke Finlandia dan Swedia.

"Tujuan kami adalah menjadi salah satu negara pertama yang dapat meratifikasi aksesi Swedia dan Finlandia," kata Joly kepada wartawan saat dia tiba untuk pertemuan dengan rekan-rekan Uni Eropa di Brussel. Dia mengatakan hanya butuh beberapa hari bagi Kanada untuk meratifikasi aksesi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru