Sebanyak 29 proyek strategis nasional ditargetkan kelar tahun depan

Kamis, 16 Desember 2021 | 05:30 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Sebanyak 29 proyek strategis nasional ditargetkan kelar tahun depan


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Proyek strategis nasional (PSN) satu per satu mulai rampung digarap. Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menargetkan 29 proyek strategis nasional (PSN) bisa rampung di tahun 2022.

Target tersebut merupakan target optimistis dari KPPIP melihat progres pengerjaan PSN saat ini. Termasuk juga menimbang adanya perubahan anggaran dalam pengerjaan PSN.

"Kita sudah perhitungkan dengan anggaran yang teralokasikan dan juga masalah di lapanga, kita mencoba untuk optimis 29 (project selesai)," ujar Ketua Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo saat Media Gathering KPPIP, Rabu (15/12).

KPPIP terus melakukan evaluasi terkait pengerjaan PSN. Pasalnya sejumlah PSN telah dikerjakan pada tahun-tahun sebelummya sehingga harus diselesaikan.

Baca Juga: Pemerintah akan masukkan daftar PSN pada RKP tahun depan

Beberapa proyek yang digenjot selesai tahun depan adalah pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare. Proyek tersebut merupakan salah satu proyek yang menggunakan skema pendaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Selain itu KPPIP juga akan menggenjot program prioritas seperti pos lintas batas negara. Setelah pembangunan, perlu ada pengembangan ekonomi di daerah perbatasan tersebut. "Kita sedang menyiapkan ada 2-3 pilot project untuk membangun ekonomi di perbatasan," terang Wahyu.

Pengembangan ekonomi ini berkaitan dengan pembukaan batas negara untuk menjalankan perdagangan. Pemerintah telah menyiapkan produk unggulan untuk wilayah perbatasan tersebut.

Sebagai informasi, total terdapat 208 proyek dan 10 program dalam PSN. Hingga November 2021, pemerintah telah menyelesaikan 124 proyek dalam PSN.

Baca Juga: DPR setujui penambahan PMN untuk BUMN dan lembaga lain, ini rinciannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru