Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Segmen konsumer menjadi salah satu fokus PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) tahun ini. Perusahaan menargetkan bisa memberikan pembiayaan di segmen ini mencapai Rp 4,1 triliun.
Direktur Utama BRI Finance Azizatun Azhimah bilang bahwa saat ini memang perusahaan sedang mengalihkan fokus bisnisnya yang dulu bermain di segmen komersial menjadi konsumer. Mengingat, BRI Finance sebelumnya hanya memberikan pembiayaan seperti alat berat serta mesin-mesin.
“Untuk pembiayaan sendiri kami targetkan pembiayaan baru itu minimal sekitar Rp 4,1 triliun. Hingga Mei 2022, realisasinya sudah sekitar Rp 2 triliun,” ujar Azizatun.
Sementara itu, Azizatun juga menyebutkan komposisi segmen konsumer juga sedang diupayakan untuk ditingkatkan. Targetnya bisa mencapai 70% dari total portofolio dan realisasi hingga Mei 2022 sudah sekitar 68%.
Baca Juga: Duh, 25 Perusahaan Pembiayaan Masih Belum Penuhi Ketentuan Permodalan
Meskipun demikian, ia menjelaskan masih ada tantangan yang terjadi di pembiayaan konsumer terutama otomotif. Hal ini berkaitan dengan kekurangan stok kendaraan yang memang masih masalah beberapa waktu belakangan, meskipun bisa ditopang dengan pembiayaan mobil bekas.
“Kami siap untuk di dalam BRI Group itu potensinya sangat besar karena di dalam BRI sendiri nasabahnya ada lebih dari 120 juta,” imbuhnya.
Sebagai informasi, Per Mei 2022, total piutang pembiayaan yang telah disalurkan BRI Finance mencapai Rp 5,7 triliun. Angka tersebut naik sekitar 39% secara tahunan dan tumbuh sekitar 18% dari Desember 2021.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News