Sampah Botol Bisa Ditukar Saldo Gopay, Dana, LinkAja, OVO! Ini Caranya

Senin, 24 Januari 2022 | 10:41 WIB Sumber: Kompas.com
Sampah Botol Bisa Ditukar Saldo Gopay, Dana, LinkAja, OVO! Ini Caranya

ILUSTRASI. Sampah botol plastik kini bisa ditukarkan jadi uang elektronik.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang memiliki banyak sampah botol plastik, jangan dibuang begitu saja. Soalnya, sampah botol plastik kini bisa ditukarkan jadi uang elektronik. 

Hal itu memungkinkan karena adanya Reverse Vending Machine (RVM) atau mesin yang bisa digunakan untuk penukaran botol plastik telah digunakan. Baru-baru ini, Danone-AQUA bekerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay meluncurkan RVM. 

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengungkapkan, pada tahap pertama, RVM akan ditempatkan di lima toko Alfamart yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang. 

Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong masyarakat berkontribusi meminimalkan jumlah sampah plastik. Vera mengatakan, upaya ini juga sejalan mendukung ambisi pemerintah mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan sebesar 70 persen di 2025. 

Di sisi lain, riset Sustainable Waste Indonesia (SWI) mengungkapkan, daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10 persen. 

Baca Juga: Persaingan Air Galon Guna Ulang dan Galon Sekali Pakai Memanas, Regulasi Penyebabnya

“Berdasarkan riset tersebut, kami berkomitmen mendorong pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik paska konsumsi, oleh karena itu, perlu adanya upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas,” kata Vera dalam siaran pers Sabtu (22/1/2022). 

Vera menjelaskan, kerja sama untuk meluncurkan RVM ini merupakan salah satu contoh konkret dari komitmen perusahaan dalam memudahkan masyarakat dalam mengumpulkan dan mengedukasi masyarakat pentingya pengelolaan sampah plastik. 

“Kami juga berkomitmen, mengedukasi pentingnya pengelolaan sampah plastik yang berkelanjutan. Kami sangat menyambut baik kerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay serta berharap inisiatif ini dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan yang lebih bersih,” tambahnya. 

Baca Juga: Inocycle Technology (INOV) Targetkan Pasang 800 Dropbox Sampah Botol Plastik di 2022

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan inovasi ini merupakan solusi bagi pengelolaan sampah plastik di Indonesia. Kerja sama ini juga diharapkan menjadi awal alternatif baru bagi masyarakat untuk ikut bijak mengelola kemasan botol plastik paska konsumsi. 

“Dengan total jaringan 16.000 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia, kami berharap dapat dimanfaatkan masyarakan sebagai sarana edukasi sekaligus memberi kemudahan untuk dapat berperan aktif mendukung pengelolaan sampah plastik,” ujar Solihin. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru