kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Sambut Tahun Baru, Warren Buffett Punya Nasihat Jitu untuk Investor


Sabtu, 31 Desember 2022 / 03:30 WIB
Sambut Tahun Baru, Warren Buffett Punya Nasihat Jitu untuk Investor

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett sangat mengetahui satu atau dua hal tentang kesuksesan berinvestasi. Dan untungnya, Warren Buffett tidak pelit untuk berbagi rahasia yang dia pelajari selama bertahun-tahun. 

Laporan tahunannya kepada investor dikemas dengan kebijaksanaan investasi yang sederhana, yang masing-masing dapat membantu Anda menjadi investor yang lebih sukses di tahun 2023.

Mengutip The Motley Fool, ini empat nasihat bijaksana Warren Buffett untuk menyambut tahun baru:

No.1: Kualitas melebihi kuantitas

"Lebih baik memiliki sebagian minat pada berlian Hope daripada memiliki semua berlian imitasi," kata Warren Buffett pada tahun 2013.

Berlian Hope adalah berlian biru 45 karat yang sangat langka dan indah sehingga menjadi salah satu permata paling berharga di dunia. Anda tidak dapat membeli berlian Hope (sudah dipajang di Smithsonian sejak 1958), tetapi jika itu untuk dijual, memiliki bahkan sebagian kecil saja akan lebih berharga daripada memiliki 100% berlian imitasi biasa.

Sementara Warren Buffett lebih suka membeli perusahaan secara langsung, dia menyadari bahwa beberapa perusahaan besar memang tidak untuk dijual. Dalam kasus tersebut, alih-alih menerima yang terbaik kedua, Buffett bersedia memiliki sebagian kepentingan di dalamnya. Pola pikir mengutamakan kualitas itu adalah sesuatu yang harus dianut oleh setiap investor.

Baca Juga: Bikin Cepat Kaya, Ini 5 Kebiasaan Hemat Warren Buffett yang Bisa Dicontek

 

No.2: Uang tunai adalah raja

"Kita tidak akan pernah bergantung pada kebaikan orang asing. Too-big-to-fail bukanlah fallback," kata Warren Buffett pada tahun 2009.

Tumpukan uang tunai Warren sangat legendaris, dan meskipun uang tunai itu kadang-kadang dapat menahan pengembaliannya, itu melindunginya saat pasar memburuk, dan yang terpenting, hal itu memberinya fleksibilitas finansial untuk mengambil tindakan dan membeli saat harga tepat. 

Itu adalah kombinasi kemenangan yang menyarankan semua investor harus menyimpan sebagian dari uang mereka dalam bentuk tunai.

Baca Juga: Ramalan Warren Buffett 5 Tahun Lalu: Kripto Akan Berakhir Buruk

No 3: Hindari kelambanan

"Kami lebih suka menanggung biaya yang terlihat dari beberapa keputusan buruk daripada menanggung banyak biaya tak terlihat yang berasal dari keputusan yang dibuat terlalu lambat - atau tidak sama sekali - karena birokrasi yang menyesakkan," ujar Warren Buffett pada tahun 2009.

Warren Buffett tidak ragu-ragu ketika dia dihadapkan dengan ide yang tepat sasaran. Dia menyadari bahwa dia tidak selalu benar, tetapi dia juga percaya bahwa mengambil tindakan sangat penting untuk mewujudkan potensi peluang. 

Pada akhirnya, memiliki kepercayaan diri untuk mengambil tindakan sama pentingnya dengan melakukan uji tuntas.

No. 4: Menerima ketidakpastian

"Yang ingin saya ketahui hanyalah di mana saya akan mati, jadi saya tidak akan pernah pergi ke sana," kata Warren Buffett pada tahun 2009.

Lelucon ini menyoroti fakta bahwa, meskipun Warren Buffett mengerjakan pekerjaan rumahnya sebelum dia membeli saham, Warren Buffett pun tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. 

Seperti kebanyakan hal dalam hidup, saham tidak dapat diprediksi, dan terlepas dari upaya terbaik Anda, keputusan akan didasarkan pada asumsi yang mungkin berhasil atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×