kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut Lebaran 2023, PO SAN Rilis 10 Bus Terbaru Sasis Mercedes-Benz


Jumat, 17 Maret 2023 / 07:15 WIB
Sambut Lebaran 2023, PO SAN Rilis 10 Bus Terbaru Sasis Mercedes-Benz

Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-33, Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO SAN) meluncurkan 10 unit bus terbarunya besutan Mercedes Benz OH 1526.

Kehadiran bus baru ini sebagai bentuk komitmen PO SAN dalam menyediakan armada yang aman dan nyaman khususnya dalam menyambut angkutan Idulfitri 2023.

“Kami bersyukur di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan PO SAN dapat terus mewujudkan komitmennya sebagai perusahaan oto bus yang terus menjawab kebutuhan masyarakat terhadap angkutan darat yang aman dan nyaman,” ujar Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (16/3).

Baca Juga: PO SAN Luncurkan 4 Unit Bus Terbaru dan Upgrade Aplikasi Pemesanan Tiket

Kehadiran 10 bus terbaru ini melanjutkan kehadiran 6 bus baru lainnya pada 2022. Ke-10 bus baru Mercedes Benz OH 1526 ini akan digunakan untuk melayani rute Dumai – Solo (lintas Timur Sumatera – full Tol Trans Jawa) di kelas AC bisnis sebagai bentuk peremajaan unit-unit lama yang sudah paripurna.

Sosok yang akrab disapa Sani ini menyadari bahwa masukan dan kritik dari para penumpang setia PO SAN dapat mendorong perubahan yang positif bagi perusahaan tersebut.

Kerja sama dengan berbagai pihak dijalin erat oleh manajemen PO SAN baik dengan pihak karoseri Adi Putro (Malang) dan Laksana (Semarang), pendingin SongZ, sistem telematika TransTrack.ID, bangku AMG (Malang), dan pihak pembiayaan Bank Syariah Indonesia.

Hal ini dilakukan secara sinergi dalam melahirkan inovasi hingga pelayanan prima bagi seluruh pelanggan bus PO SAN yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Adapun sasis bus Mercedes Benz OH 1526 ini didukung PT Citrakarya Pranata (CKP) Bandung yang merupakan perusahaan jasa di bidang penjualan dan purna jual kendaraan Mercedes Benz termasuk sasis dan truk.

Agustinus Hariyadi, President Director Citrakarya Pranata - Authorized Mercedes-Benz Commercial Vehicle Dealer mengatakan, unit Mercedes Benz OH 1526 memiliki daya tahan terbaik di kelas Mercedes Benz dan biaya perawatannya juga sangat ekonomis serta konsumsi solar lebih irit.

Hal ini disebabkan Mercedes Benz OH 1526 memiliki engine management system baru yakni pengaturan daya dan torsi yang sudah ditingkatkan. Daya maksimumnya adalah 194 kW (260 HP) pada 2.200 rpm. Torsinya besar yakni maksimumnya 950 Nm yang bisa dicapai pada 1.200-1.600 rpm.

Sasis Mercedes benz OH 1526 bertipe ladder frame yang memang sudah dikenal kuat dan lentur. Untuk kaki-kakinya masih menggunakan per daun di keempat rodanya, namun sudah disesuaikan yakni dengan menambahkan stabilizer dan shock absorbser sehingga bus tetap stabil ketika harus menikung di jalan.

Dengan keunggulan dari pembaharuan teknologi di Mercedes Benz OH 1526, maka akan semakin memberikan keamanan dan kenyaman penumpang.

"Untuk mendukung primanya bus terbaru milik PO SAN ini, begitu selesai dari karoseri, CKP langsung melakukan Pre Delivery Inspection atau pemeriksaan kendaraan sebelum diserahkan ke PO SAN,” kata Hariyadi.

Dia menambahkan CKP memiliki keunggulan untuk dalam hal penyediaan sasis karena pelayanan after sales-nya. CKP menjual unit bukan hanya pada saat konsumen membayar, melainkan hingga konsumen sudah mengoperasikan unit-unit yang dibeli.

“Kami setiap saat akan mendampingi dalam operasional unit-unit tersebut untuk memastikan layanan bus yang optimal,” imbuh dia.

Baca Juga: Bus tak lagi panen di masa mudik Lebaran

Wakil Direktur PO SAN Kurnia Lesari Adnan mengatakan, PO SAN akan terus meningkatkan layanan optimal bagi pengguna. Selain mendatangkan bus terbaru dengan teknologi terkini, PO SAN juga menyediakan platform pemesanan tiket yang mempermudah penumpang yakni Buzzit.

Aplikasi Buzzit memberikan efisiensi bagi PO SAN dalam penerapan penjualan tiket karena bekerja sama dengan berbagai Online Travel Agent (OTA) juga.

Selain itu, Buzzit ini juga sangat bermanfaat bagi pelanggan karena memberikan efisiensi waktu dan kepastian terutama dalam pemesanan tiket di mana penumpang dapat dengan leluasa menentukan bangku yang diinginkan sesuai ketersediaan.

"Sejak 20 Februari 2023, PO SAN telah membuka penjualan tiket untuk Angkutan Hari Raya Idulfitri bagi penumpang yang akan mudik ke Sumatera dari Jawa dan sebaliknya," tandas Sari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×