Rusia ambil langkah keamanan, respons NATO gelar latihan militer di dekat perbatasan

Jumat, 30 Juli 2021 | 05:25 WIB Sumber: TASS
Rusia ambil langkah keamanan, respons NATO gelar latihan militer di dekat perbatasan

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Kegiatan NATO di dekat perbatasan Rusia memaksa Moskow untuk mengambil langkah-langkah keamanan, juru bicara Presiden Rusia Dmitry Peskov menyatakan pada Kamis (29 Juli).

Mengutip kantor berita TASS, NATO menggelar latihan militer bertajuk Agile Spirit 2021 di Georgia yang melibatkan 12 negara anggota mereka juga Azerbaijan, Georgia, dan Ukraina.

“Ini adalah bukti lain bahwa NATO dengan infrastruktur militernya ada di sekitar perbatasan kami. Terlebih lagi, NATO telah bersentuhan dengan perbatasan kami dibanding hanya di sekitar mereka,” kata Peskov.

Baca Juga: Rusia: AS memaksa Asia Tenggara membuat struktur yang mirip dengan NATO

“Tentu saja, ini mendorong kami untuk terus mencermati situasi. Yang penting, ini membuat kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan kami," tegas dia. 

"Ini adalah apa yang telah dibicarakan oleh Presiden dan menteri pertahanan kami dalam banyak kesempatan serta perwakilan kami di berbagai tingkatan," imbuh Peskov.

Latihan militer NATO bergulir sejak 26 Juli, melibatkan lebih dari 2.500 tentara dari Azerbaijan, Inggris, Jerman, Georgia, Spanyol, Italia, Kanada, Latvia, Lithuania, Polandia, Rumania, Turki, Ukraina, dan Estonia. 

Selain itu, lebih dari 1.500 tentara berasal dari Georgia dan 700 personel lainnya dari Amerika Serikat.

Selanjutnya: Saat NATO dan AS latihan militer, 2 pembom Rusia patroli di atas Laut Hitam

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru