kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rumor Merebak, Vladimir Putin Bakal Berkuasa Seumur Hidup di Rusia


Selasa, 07 November 2023 / 11:19 WIB
Rumor Merebak, Vladimir Putin Bakal Berkuasa Seumur Hidup di Rusia
ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden bulan Maret 2024. Sputnik/Gavriil Grigorov/Kremlin via REUTERS

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden bulan Maret 2024. 

Ini akan menjadi sebuah langkah yang akan membuat Putin tetap berkuasa setidaknya hingga tahun 2030.

Melansir Reuters, enam sumber Reuters membisikkan, pemimpin Kremlin tersebut merasa dirinya harus mengarahkan Rusia melewati periode paling berbahaya dalam beberapa dekade terakhir.

Setelah berhasil meredakan pemberontakan bersenjata yang dilakukan oleh pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner pada bulan Juni, Putin telah bergerak untuk menggalang dukungan di antara basis intinya di pasukan keamanan, angkatan bersenjata, dan pemilih regional di luar Moskow. Sebaliknya, Wagner berhasil dikekang.

“Keputusan sudah diambil – dia akan mencalonkan diri,” kata salah satu sumber yang mengetahui perencanaan tersebut kepada Reuters.

Sumber lain, yang juga mengetahui pemikiran Kremlin, membenarkan bahwa keputusan telah dibuat. Dan kini, penasihat Putin sedang mempersiapkan partisipasi Putin dalam pemilu. 

Demikian pula halnya dengan tiga sumber lain yang  menyebut keputusan maju pada Pilpres Maret 2024 sudah diambil oleh Putin.

Sumber tersebut berbicara kepada Reuters dengan syarat anonimitas karena sensitivitas isu politik Kremlin.

Baca Juga: Ukraina Tak Cemas, Dari 1 Juta Peluru Korut Diprediksi Hanya 4% yang Berfungsi

Seorang sumber mengatakan, petunjuk mengenai pencalonan Putin akan datang dalam beberapa minggu. Dia membenarkan laporan surat kabar Kommersant bulan lalu.

Meski banyak diplomat, mata-mata, dan pejabat mengatakan mereka memperkirakan Putin akan tetap berkuasa seumur hidup, hingga saat ini belum ada konfirmasi spesifik mengenai rencana Putin untuk mencalonkan diri kembali.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Putin belum mengomentari masalah ini, dan menambahkan: “Kampanye ini belum diumumkan secara resmi."

Putin, 71 tahun, yang menjabat sebagai Presiden Rusia setelah akhir masa Boris Yeltsin pada tahun 1999, telah menjabat sebagai presiden lebih lama dibandingkan penguasa Rusia lainnya sejak Josef Stalin. Putin bahkan mengalahkan masa jabatan Leonid Brezhnev yang selama 18 tahun.

Para diplomat mengatakan tidak ada saingan serius yang bisa mengancam peluang Putin di kotak suara jika petahana itu mencalonkan diri lagi. 

Mantan mata-mata KGB ini mendapatkan tingkat persetujuan sebesar 80%, dan hampir tidak ada penolakan publik arus utama terhadap kelanjutan pemerintahannya.

Baca Juga: Vladimir Putin Cabut Ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Global

Namun Putin menghadapi serangkaian tantangan paling serius yang pernah dihadapi pemimpin Kremlin mana pun sejak Mikhail Gorbachev bergulat dengan runtuhnya Uni Soviet lebih dari tiga dekade lalu.

Perang di Ukraina telah memicu konfrontasi terbesar dengan Barat sejak Krisis Rudal Kuba tahun 1962. Sanksi Barat yang diakibatkannya telah memberikan guncangan eksternal terbesar terhadap perekonomian Rusia dalam beberapa dekade.



TERBARU

×