Rumah Mode Dior Punya Pemimpin Baru, Siapa Dia?

Kamis, 12 Januari 2023 | 12:18 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Rumah Mode Dior Punya Pemimpin Baru, Siapa Dia?

ILUSTRASI. Miliarder terkaya di dunia, Bernard Arnault, telah menunjuk putrinya untuk mengepalai rumah mode Dior. REUTERS/Stephane Mahe


KONTAN.CO.ID - PARIS. Miliarder terkaya di dunia, Bernard Arnault, telah menunjuk putrinya untuk mengepalai rumah mode Dior.

Mengutip BBC, Arnault mempromosikan Delphine Arnault, 47 tahun, sebagai bagian dari perombakan di LVMH, perusahaan paling berharga di Eropa.

Perusahaan tersebut memiliki portofolio merek kelas atas termasuk Fendi dan Louis Vuitton dan bernilai sekitar £336 miliar.

Pimpinan Dior sebelumnya, Pietro Beccari, akan pindah untuk menggantikan kepala eksekutif lama Louis Vuitton Michael Burke.

"Baik Arnault dan Beccari sangat dihormati, jadi ini adalah promosi logis dalam grup," kata analis Credit Suisse Natasha Brilliant.

Kelima anak Arnault memang memegang posisi manajemen di merek dalam grup.

Perubahan tersebut, yang mulai berlaku pada bulan Februari, mengikuti penunjukan Antoine Arnault baru-baru ini, putra tertua Bernard Arnault, untuk mengepalai perusahaan induk keluarga tersebut.

Baca Juga: Kehilangan Hampir Rp 3.000 Triliun, Nama Elon Masuk Guinness World Record

Alexandre Arnault, 30 tahun, bertanggung jawab atas produk dan komunikasi di Tiffany. Sementara Frederic Arnault, 28 tahun, adalah kepala eksekutif merek grup lain, Tag Heuer.

Anak bungsu sang miliarder, Jean Arnault, 24 tahun, mengepalai pemasaran dan pengembangan produk untuk divisi jam tangan Louis Vuitton.

Perusahaan Arnault menjual barang-barang termasuk koper mewah oleh Louis Vuitton dan sampanye Moet dan Chandon.

"Perencanaan suksesi dalam peran strategis telah berperan penting bagi kesuksesan merek-merek utama LVMH selama 20 tahun terakhir, karenanya langkah hari ini menjadi signifikan," kata Thomas Chauvet, analis Citi.

Delphine Arnault akan meninggalkan posisinya sebagai wakil presiden eksekutif LVMH untuk Louis Vuitton, yang dijabatnya sejak 2013.

"Louis Vuitton mencetak rekor penjualan baru di bawah kepemimpinan Ms Arnault," kata LVMH.

Rencana suksesi serupa telah terjadi di perusahaan mode besar lainnya dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Warren Buffett Bongkar Rahasia Hidup Bahagia, Apakah Itu?

Raksasa fashion High Street Inditex, yang memiliki sejumlah merek termasuk Zara dan Massimo Dutti, menunjuk putri pendirinya sebagai pimpinan baru pada 2021. Marta Ortega berusia 37 tahun saat itu.

Bos rumah mode Prada, Patrizio Bertelli, baru-baru ini mengatakan dia berharap untuk menyerahkan tampuk kepemimpinan perusahaan kepada putranya Lorenzo dalam waktu dua tahun.

Bernard Arnault menyalip Elon Musk pada Desember 2022 menjadi orang terkaya di dunia.

Mengutip New York Post, pasca pengumuman, saham LVMH, perusahaan paling berharga di Eropa dengan nilai sekitar 380 miliar euro (US$ 408 miliar), naik sebanyak 2% mencapai level tertinggi baru. Saham perusahaan mewah baru-baru ini melonjak didorong oleh pelonggaran pembatasan COVID-19 di China, yang merupakan pasar utama mereka.


 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru