Robert Kiyosaki Juluki Mantan CEO FTX sebagai Bernie Madoff-nya Kripto

Jumat, 18 November 2022 | 10:43 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Robert Kiyosaki Juluki Mantan CEO FTX sebagai Bernie Madoff-nya Kripto


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Penulis buku terkenal Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki, mengatakan bahwa bitcoin bukanlah masalah setelah jatuhnya pertukaran cryptocurrency FTX. 

Melansir Bitcoin.com, Kiyosaki percaya bahwa mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried mirip seperti Bernie Madoff-nya crypto daripada Warren Buffett-nya crypto.

Menyusul ledakan FTX, banyak orang bergegas keluar dari pasar kripto. Kondisi itu  menyebabkan penjualan pasar kripto yang berat. 

Namun, Kiyosaki menuliskan tweet pada Senin (14/11/2022):

"Bitcoin bukan masalahnya. Tidak lebih seperti emas, perak, minyak menyebabkan inflasi."

Sebaliknya, dia mengklaim bahwa pertukaran kripto yang bangkrut, keluarga Presiden Joe Biden, Federal Reserve, pendidik Marxis, dan politisi korup adalah "masalah yang sangat besar".

FTX kini sedang diselidiki oleh sejumlah otoritas di seluruh dunia, termasuk Departemen Kehakiman AS (DOJ), Securities and Exchange Commission (SEC), dan Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

Baca Juga: Efek Kejatuhan FTX Masih Membayangi Pasar Kripto, Harga Bitcoin Bisa ke US$ 13.000?

Kiyosaki kemudian menyamakan FTX dan Bankman-Fried dengan Bernie Madoff dan skema ponzi-nya.

Madoff menjalankan skema Ponzi terbesar dalam sejarah, bernilai sekitar US$ 64,8 miliar. Dia dihukum karena penipuan, pencucian uang, dan kejahatan terkait lainnya, dan dijatuhi hukuman 150 tahun penjara federal. Madoff meninggal di penjara pada 14 April tahun lalu pada usia 82 tahun.

Kiyosaki bukan satu-satunya yang melihat kesamaan antara Bankman-Fried dan Madoff. Sheila Bair, yang memimpin Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) selama krisis keuangan 2008, baru-baru ini mencatat kesamaan yang menakutkan antara FTX dan skema Ponzi Bankman-Fried dan Bernie Madoff. 

"Regulator dan investor yang menawan dapat mengalihkan [mereka] dari menggali dan melihat apa yang sebenarnya terjadi… Rasanya sangat mirip dengan Bernie Madoff seperti itu," jelas Bair.

Kiyosaki adalah investor bitcoin. Dia telah merekomendasikan bitcoin selama beberapa waktu. Bulan lalu, dia menjelaskan mengapa dia membeli bitcoin. Pada bulan September, dia mendesak investor untuk masuk ke crypto sekarang sebelum kehancuran ekonomi terbesar dalam sejarah terjadi.

Melansir Benzinga, sebelumnya Kiyosaki telah memberikan peringatan tentang kinerja Bitcoin dalam skenario pasar saat ini.

Baca Juga: Kasus FTX Bikin Pelaku Pasar Kripto Lebih Hati-Hati

Dalam tweet baru-baru ini, Kiyosaki mengatakan dia tidak menanti pembalikan arah Bitcoin berdasarkan kapitalisasi pasar karena dia merupakan investor Bitcoin jangka panjang daripada seorang trader.

Kiyosaki percaya titik terendah baru akan datang untuk Bitcoin dan bisa mencapai posisi US$ 10.000. Dia mengatakan jika itu terjadi, dia akan bersemangat tentang hal itu daripada gugup.

Bulan lalu, Kiyosaki memperingatkan bahwa AS sedang menuju keruntuhan ekonomi yang akan datang. Dia mengatakan dalam sebuah tweet bahwa di tengah krisis keuangan, investor dapat menjaga modal mereka tetap utuh dengan memuat emas, perak, dan Bitcoin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru