kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

RI punya kapal selam Alugoro-405, Prabowo: Bukan karena kita ingin gagah-gagahan


Kamis, 18 Maret 2021 / 10:59 WIB
RI punya kapal selam Alugoro-405, Prabowo: Bukan karena kita ingin gagah-gagahan
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau ruang dalam KRI Alugoro-405, kapal selam buatan PT PAL Indonesia di Surabaya (27/1/2020).

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia memiliki kapal selam baru. Namanya Alugoro-405. Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, kehadiran kapal selam terbaru Alugoro-405 bukan menjadi penanda Indonesia ingin mengancam negara mana pun.

"Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita. Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapa pun. Tidak," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021). 

Prabowo juga menegaskan, bahwa Indonesia sejak dulu cintai damai. Begitu juga dengan kehadiran Alugoro yang tidak bertujuan untuk mengancam siapa pun. 

"Berkali-kali, turun-temurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai, tapi lebih cinta kemerdekaan," tegas Prabowo. 

Baca Juga: Di ASEAN, RI menjadi satu-satunya negara pembuat kapal selam

Di tengah upaya pembangunan kemampuan pertahanan nasional, Prabowo minta industri pertahanan dalam negeri turut serta dalam upaya peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Mengingat, saat ini banyak alat pertahanan yang berusia relatif tua. 

"Kita harap peran serta, inisiatif, kerja keras teknologi-teknologi kita, sarjana-sarjana kita, cendekiawan kita, dari ahli-ahli kita. Kita harap semua bersatu untuk kerja keras," tegasnya. 

Sejalan dengan itu, Prabowo menegaskan, bahwa Indonesia harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan, melindungi segenap tumpah darah, kesatuan dan keutuhan wilayah. Hal itu dilakukan itu dilakukan sebagai upaya untuk menangkal jika terdapat ancaman tentara negara asing. 

Baca Juga: Jokowi: Pengembangan alutsista harus adopsi pengembangan teknologi militer terkini

"Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi," katanya. 

Sebelumnya, Prabowo telah meresmikan kehadiran Alugoro produksi PT PAL Indonesia (Persero) dengan skema transfer teknologi engan perusahaan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME). 

Peresmian dilakukan di PT PAL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/3/2021). Adapun Alugoro ini akan digunakan Komando Armada II (Koarmada II).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "RI Punya Kapal Selam Baru, Prabowo: Kita Tidak Ingin Ancam Siapa Pun"
Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Krisiandi

Selanjutnya: Jokowi bakal tinjau kapal selam Alugoro-405 di PT PAL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×