Respons Gubernur BI pasca Fitch Ratings pertahankan peringkat utang Indonesia di BBB

Rabu, 24 November 2021 | 06:05 WIB   Reporter: Bidara Pink
Respons Gubernur BI pasca Fitch Ratings pertahankan peringkat utang Indonesia di BBB


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Lembaga pemeringkat Fitch Ratings mempertahankan peringkat utang atau sovereign credit rating Indonesia pada peringkat BBB (investment grade) dengan outlook stabil. 

Fitch sebelumnya mempertahankan peringkat utang Indonesia pada BBB outlook stabil pada 22 Maret 2021. 

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, afirmasi peringkat Indonesia pada peringkat BBB dengan oitlook stabil tersebut merupakan bentuk pengakuan FItch Ratings terhadap Indonesia. 

“Atas stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan Indonesia yang tetap terjaga, serta prospek ekonomi jangka menengah yang tetap kuat di tengah perbaikan ekonomi global yang tidak merata dan ketidakpastian pasar keuangan global,” ujar Perry, Selasa (23/11). 

Baca Juga: Fitch Ratings pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2021 jadi 3,2%

Hal ini didukung oleh kredibilitas kebijakan dan sinergi bauran kebijakan yang kuat antara bank sentral dengan pemerintah. 

Ke depan, Perry mengatakan BI akan terus mencermati perkembangan ekonomi global dan perekonomian domestik dan menjalankan kebijakan untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional. 

Dalam hal ini, BI akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta terus bersinergi dengan Pemerintah.

Selanjutnya: Fitch Ratings pertahankan peringkat utang Indonesia di level BBB, outlook stabil

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru