Resmi, Elang Mahkota (EMTK) Kantongi Hak Siar Piala Dunia 2022

Rabu, 16 Maret 2022 | 06:40 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Resmi, Elang Mahkota (EMTK) Kantongi Hak Siar Piala Dunia 2022


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) resmi menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022 dan Piala Dunia U20 2023 di Indonesia. 
Turnamen sepak bola terbesar yang berlangsung antarnegara ini akan berlangsung di Qatar akhir tahun, 21 November - 18 Desember 2022.

Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono mengatakan, pihaknya bangga pihaknya dapat mempersembahkan perhelatan olahraga terbesar tahun ini, FIFA World Cup Qatar 2022.

"Perbedaan waktu yang relatif kecil antara Qatar dengan Indonesia membuat sebagian besar penayangan FIFA World Cup jatuh di jam-jam yang strategis di Indonesia untuk bisa dinikmati penggemar sepak bola secara luas," ujarnya dalam konferensi pers yang berlangsung virtual, Selasa (15/3).

EMTK menjadi  official broadcaster  Piala Dunia 2022 dan Piala Dunia U-20 2023 setelah memperoleh hak siar dari KlikDaily selaku pemilik  master license  di wilayah Indonesia. Pihaknya sendiri juga akan mengerahkan seluruh platform yang dimiliki oleh perusahaan mulai dari  free to air,  direct to home, hingga  over the top  (OTT) melalui Vidio.

Berdasarkan jadwal yang diperoleh dari FIFA, Sutanto Hartono menjelaskan bahwa Piala Dunia 2022 akan digelar mulai dari pukul 17.00, 20.00, 23.00, hingga 02.00 WIB.

Tak hanya menyiarkan Piala Dunia 2022, Emtek juga akan menayangkan berbagai turnamen FIFA lainnya. Salah satunya adalah Piala Dunia U20 2023, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ajang tersebut.

Baca Juga: Simak Komitmen Emtek, Singtel dan Grab di Bank Fama Untuk Tahun Ini

Sutanto mengungkapkan, Emtek akan memanfaatkan momentum ini yang memiliki nilai sejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, Piala Dunia U20 2023 merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh FIFA.

"Ini merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi Indonesia, karena untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah  event  dari rangkaian FIFA Events, sementara PSSI U-20 juga akan pertama kalinya menjadi peserta World Cup," ujar dia.

Nantinya, Emtek akan menyiarkan rangkaian turnamen Piala Dunia 2022 dan Piala Dunia U20 2023 melalui seluruh unit usaha mereka antara lain SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV serta Nex Parabola dan Vidio.

"Ini merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi Indonesia, karena untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah  event  dari rangkaian FIFA Events, sementara PSSI U-20 juga akan pertama kalinya menjadi peserta World Cup," ujar dia.

Sementara itu, mengenai Piala Dunia Qatar 2022 sendiri, pertandingan akan diikuti oleh 32 tim. Pertandingan akan berlangsung di delapan venue di lima kota yang ada di Qatar ini, akan menjadi Piala Dunia pertama yang digelar di negara Arab.

 

 

Berbeda dari edisi sebelumnya yang digelar di musim panas, FIFA sengaja menggeser Piala Dunia 2022 ke akhir tahun. Hal ini guna mengurangi dampak suhu panas yang ekstrem di Timur Tengah.

Sebagai tuan rumah, Qatar mendapat kesempatan lolos ke putaran final. Sementara juara bertahan Prancis dipastikan bakal terbang ke Qatar setelah berhasil melewati babak kualfikasi dengan mulus. 

Piala Dunia 2022 juga akan diramaian oleh timnas Belanda yang sempat absen di Piala Dunia Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru