kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rencana IPO belum jelas, Wamen BUMN: Fokus holding panas bumi adalah konsolidasi aset


Rabu, 21 April 2021 / 09:50 WIB
Rencana IPO belum jelas, Wamen BUMN: Fokus holding panas bumi adalah konsolidasi aset
ILUSTRASI.

Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Rencana pemerintah membentuk holding BUMN panas bumi masih terus berjalan. Kini Kementerian BUMN masih fokus terhadap konsolidasi aset untuk holding tersebut.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Mansury mengungkapkan, saat ini proses persiapan telah dilakukan. "Sudah berjalan sekitar sebulan proses persiapan konsolidasi," kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (20/4).

Pahala melanjutkan, setelah proses konsolidasi rampung barulah holding perusahaan itu akan melakukan penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO).

Asal tahu saja, dalam rencana IPO ini nantinya pemerintah bakal membentuk holding panas bumi yang terdiri dari Pertamina Geothermal Energy (PGE), PT Geo Dipa Energy dan anak usaha PT PLN (Persero) yang memiliki portofolio pembangkitan panas bumi.

Dalam pemberitaan Kontan.co.id, sebelum melakukan IPO pemerintah memiliki rencana untuk menggabungkan ketiga perusahaan ini terlebih dahulu. Untuk itu, dinilai perlu waktu dan persiapan sebelum IPO bisa dilaksanakan.

Baca Juga: Melirik Potensi IPO Emiten Geotermal

Pahala menegaskan, langkah IPO perlu dipersiapkan dari sisi keuangan dan aset agar rencana melantai di bursa punya tujuan jangka panjang.

"Jangan sampai IPO hanya untuk IPO saja, apa nilai tambah yang bisa kita ciptakan. Kita masuk ke pasar modal tentu untuk mencari permodalan tambahan untuk kita melakukan pengembangan bisnis ke depan," jelas Pahala.

Di sisi lain, pengembangan panas bumi masuk dalam lima program prioritas dalam mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Hal itu masuk dalam rancangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional 2020-2024. Diharapkan dapat memberikan peningkatan dari energi baru terbarukan di dalam energy mix nasional.

Pengembangan panas bumi meliputi pembangkit listrik tenaga panas bumi skala kecil. Potensi panas bumi yang tersebar disebut belum dimanfaatkan dengan baik karena membutuhkan investasi yang besar.

Selanjutnya: Erick Thohir percepat pembentukan holding BUMN panas bumi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×