Raja Baru Inggris Charles III yang Tak Lepas dari Sorotan Konflik

Sabtu, 10 September 2022 | 06:25 WIB Sumber: Reuters
Raja Baru Inggris Charles III yang Tak Lepas dari Sorotan Konflik


KONTAN.CO.ID -  LONDON. Dengan kematian ibunya Ratu Elizabeth pada Kamis (8/9/2022), Pangeran Charles akhirnya menjadi raja Inggris Raya dan 14 kerajaan lainnya, mengakhiri penantian selama lebih dari 70 tahun, yang terlama oleh seorang ahli waris dalam sejarah kerajaan Inggris. 

Perannya akan menakutkan. Mendiang ibunya sangat populer dan dihormati, tetapi dia meninggalkan keluarga kerajaan yang reputasinya ternoda dan hubungan tegang, termasuk tuduhan rasisme terhadap pejabat Istana Buckingham.

Charles menghadapi tantangan itu pada usia 73 tahun, raja tertua yang naik takhta dalam garis keturunan yang berasal dari 1.000 tahun yang lalu, dengan istri keduanya Camilla, yang masih membagi opini publik, di sisinya.

Bagi para pencela, raja baru itu lemah, sia-sia, campur tangan, dan tidak siap untuk peran berdaulat.

Baca Juga: Pernyataan Pertama Raja Charles Setelah Kematian Ratu Elizabeth

Dia telah diejek karena berbicara dengan tanaman dan terobsesi dengan arsitektur dan lingkungan, dan akan lama dikaitkan dengan pernikahan pertamanya yang gagal dengan mendiang Putri Diana.

Pendukungnya mengatakan itu adalah distorsi dari pekerjaan baik yang dia lakukan, bahwa dia hanya disalahpahami dan bahwa di bidang-bidang seperti perubahan iklim dia telah mendahului waktunya.

Mereka berpendapat dia bijaksana dan peduli dengan sesama warga Inggris dari semua komunitas dan lapisan masyarakat. Badan amal Prince's Trust-nya telah membantu lebih dari satu juta orang muda yang menganggur dan kurang beruntung sejak diluncurkan hampir 50 tahun yang lalu.

"Masalahnya adalah Anda berada dalam situasi yang tidak menguntungkan. Jika Anda sama sekali tidak melakukan apa pun ... mereka akan mengeluh tentang itu," Charles pernah mengatakan kepada sebuah film dokumenter TV. 

Baca Juga: Ratu Elizabeth Tutup Usia, Ini Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris

"Jika Anda mencoba dan terjebak, lakukan sesuatu untuk membantu, mereka juga mengeluh," sambungnya.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru