kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puting beliung muncul di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, seperti di film-film


Kamis, 21 Januari 2021 / 04:17 WIB
Puting beliung muncul di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, seperti di film-film
ILUSTRASI. Angin Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah (20/1/2021).

Sumber: Kompas.com | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - WONOGIRI. Sore hingga malam kemarin viral video penampakan angin puting beliung di tengah Waduk Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Sejumlah video yang memperlihatkan peristiwa tersebut telah beredar di media sosial, baik Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Telegram, serta Youtube. 

Video-video tersebut memperlihatkan angin puting beliung berdiameter besar yang terjadi di tengah waduk. Banyak komentar menyebut penampakan angin puting beliung di tengah Waduk Gajah Mungkur itu mirip dengan adegan dalam film Twister (1996) produksi Hollywood.

Saking besarnya diameter pusaran angin puting beliung di Waduk Wonogiri itu, sejumlah orang meragukan keaslian video tersebut. Terlalu mirip dengan film, katanya.

Nah, apakah video angin puting beliung di Wonogiri yang viral sore tadi hingga malam ini, Rabu (20/1/2021) asli atau hoaks?

Baca Juga: Jatam: Banjir Kalsel karena banyaknya izin tambang batubara dan sawit

Ternyata video tersebut asli adanya. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto membenarkan terjadinya peristiwa puting beliung tersebut. 

"Kejadian itu memang betul. Saya mengecek di teman-teman relawan," kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/1/2021). 

Bambang menuturkan, peristiwa angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB dan berlangsung selama sekitar 15 menit. 

"Persisnya di tengah waduk, mengarah ke barat, kemudian sebelum sampai wilayah pemukiman, dia (puting beliung) kembali ke selatan," kata Bambang. 

Baca Juga: BMKG: Gempa bumi tektonik yang mengguncang Majene merupakan jenis gempa kerak dangkal

Dia menambahkan angin puting beliung itu segera reda. Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan harta benda maupun korban jiwa dari masyarakat. 

"Alhamdulillah sudah reda. Enggak ada (kerusakan). Kebetulan enggak sampai merusak karamba juga," ujar Bambang. 

Selanjutnya: Tambang batubara dituding sebabkan banjir di Kalsel, pelaku usaha buka suara

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Video Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur, Ini Kata BPBD Wonogiri": .
Penulis : Jawahir Gustav Rizal
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×