Global

Putin: Bikin senjata baru, Rusia tidak berencana menakut-nakuti siapa pun

Senin, 07 Juni 2021 | 23:15 WIB Sumber: TASS
Putin: Bikin senjata baru, Rusia tidak berencana menakut-nakuti siapa pun

KONTAN.CO.ID - ST. PETERSBURG. Rusia tidak memiliki rencana untuk menakut-nakuti siapa pun dengan senjata baru yang mereka kembangkan, seperti semua kekuatan militer terkemuka lainnya, Presiden Vladimir Putin mengatakan.

“Stabilitas strategis sangat penting. Kami tidak berencana untuk menakut-nakuti siapa pun dengan sistem senjata baru kami," kata Putin di sela-sela Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF), Sabtu (5/6). 

"Kami mengembangkannya dan telah mencapai beberapa keberhasilan, tetapi semua negara, semua kekuatan militer terkemuka melakukan hal yang sama. Hanya saja kami selangkah lebih maju ke depan," ujarnya seperti dikutip TASS. 

Baca Juga: Bukan cuma pembunuh jet tempur siluman F-35, ini kemampuan lain rudal S-500 Rusia

"Kami memahami, negara-negara seperti Amerika Serikat dan lainnya cepat atau lambat akan mencapai hasil yang sama. Inilah mengapa saya pikir kita harus membuat kesepakatan terlebih dahulu tentang bagaimana kita akan hidup bersama di dunia yang terus berubah," imbuh Putin.

Masalah pengendalian senjata strategis, termasuk penarikan Amerika Serikat dari sejumlah perjanjian utama, kemungkinan akan Putin dan Joe Biden bahas pada pertemuan yang akan berlangsung di Jenewa pada 16 Juni nanti.

Rusia saat ini, misalnya, sedang menguji coba rudal hipersonik Tsirkon. Pada Februari 2019, Putin mengatakan dalam pidato tahunannya kepada Parlemen Rusia, rudal Tsirkon dapat mengembangkan kecepatan hingga Mach 9 atau 11.113,2 km per jam.

Selanjutnya: Admiral Gorshkov, fregat canggih Rusia penguji coba rudal hipersonik Tsirkon

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru