Pusat Data Nasional Akan Mulai Operasional Akhir 2023

Jumat, 31 Desember 2021 | 04:45 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Pusat Data Nasional Akan Mulai Operasional Akhir 2023


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Rencana pemerintah membangun pusat data nasional masih berlanjut. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan pembangunan pusat data nasional (PDN) dimulai tahun 2022 mendatang.

Saat ini, Kominfo telah merampungkan tahapan pra pembangunan PDN. Hal itu sekaligus mengoperasikan PDN Sementara yang telah mengelola sejumlah data pemerintah.

"Kami juga menargetkan groundbreaking PDN pemerintah pertama di Bekasi di tahun 2022," ujar Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi saat konferensi pers, Kamis (30/12).

Pembangunan PDN rencananya dilakukan di 4 wilayah. Antara lain Bekasi, lokasi Ibu Kota Negara baru, Batam, dan Labuan Bajo.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Transformasi Digital dalam Ketatanegaraan Menuju Smart Government

Saat ini, pemerintah tengah melakukan lelang terkait dengan konstruksi dan operator PDN. Dedy bilang, operator PDN nantinya harus memiliki kualifikasi tier 4 atau kualifikasi tertinggi sehingga dapat menjaga data nasional.

Semester pertama tahun 2022 akan dilakukan proses lelang PDN pertama Indonesia. Proses oembangunan akan berjalan sejak semester kedua tahun 2022 hingga tahun 2023 mendatang.

"Kita harapkan tahun 2023 akhir target pemerintah PDN pertama bisa beroperasi di Bekasi," terang Dedy.

Dedy masih belum menyampaikan berapa besaran biaya yang ditawarkan dalam lelang. Meski begitu, pemerintah akan mengupayakan adanya bauran pembiayaan dalam pembangunan PDN.

"Prancis menjadi salah satu pihak yang mungkin akan memenuhi skema bauran pembiayaan," jelas Dedy.

Baca Juga: Data digital terus melonjak, harus ada antisipasi tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru