Global

Puja-puji Xi Jinping setelah pesawat luar angkasa China mendarat di Mars

Senin, 17 Mei 2021 | 05:00 WIB Sumber: Xinhua
Puja-puji Xi Jinping setelah pesawat luar angkasa China mendarat di Mars

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping senang setelah pesawat penjelajah ruang angkasa China berhasil mendarat di planet Mars. Jinping pun menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan pendaratan pertama pesawat ruang angkasa China di Mars.

Atas nama Komite Sentral Partai Komunis China (CPC), Dewan Negara dan Komisi Militer Pusat (CMC), Xi, juga Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPC dan ketua CMC, Jinping menyampaikan selamat hangat dan salam tulus kepada semua anggota yang telah berpartisipasi dalam misi eksplorasi Mars, Tianwen-1.

Jinping dalam pesannya mengatakan, pendaratan itu menandai langkah penting dalam eksplorasi antarbintang China dan lompatan dari eksplorasi sistem Bumi-Bulan ke eksplorasi antarplanet.

"Pendaratan itu meninggalkan jejak China di Mars untuk pertama kalinya. Ini adalah kemajuan penting lainnya dalam pengembangan industri luar angkasa China," kata Xi Jinping seperti dikutip Xinhua.

Baca Juga: Kalahkan prestasi AS dan Rusia, China unjuk gigi dalam perlombaan ekspedisi ke Mars

Kata Jinping, negara dan rakyat China akan selalu mengingat pencapaian luar biasa ini.

"Berkat keberanian Anda dalam menghadapi tantangan dan mengejar keunggulan, China sekarang berada di antara negara-negara terkemuka dalam eksplorasi planet," kata Jinping dalam pesannya.

Jinping menekankan pengorganisasian dan penerapan penjelajahan dan eksplorasi ilmiah di Mars dengan hati-hati, berpegang pada kemandirian dalam pengembangan sci-tech, dan mendorong proyek luar angkasa besar termasuk eksplorasi planet.

Dia juga menyerukan untuk meningkatkan kekuatan China dalam teknologi luar angkasa dan memberikan kontribusi baru dan lebih besar untuk menjelajahi misteri alam semesta dan mempromosikan tujuan mulia perdamaian dan pengembangan umat manusia.

Pesawat Tianwen-1, yang terdiri dari pengorbit, pendarat, dan penjelajah, diluncurkan dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di pantai provinsi pulau Hainan di China selatan pada 23 Juli 2020, dengan tujuan untuk menyelesaikan pengorbit, pendaratan, dan penjelajahan planet Mars dalam satu misi.

Pesawat ruang angkasa memasuki orbit Mars pada Februari 2021 dan menghabiskan waktu sekitar tiga bulan untuk mensurvei planet tersebut.

Pendaratan yang sukses menandai pendaratan pertama Tiongkok di planet luar angkasa dan menjadikannya negara kedua dalam pendaratan Mars yang sukses.

 

Selanjutnya: Sejarah, China berhasil daratkan pesawat di Mars

 

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru