kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Profil Paus Emeritus Benediktus XVI yang Wafat pada Usia 95 Tahun


Minggu, 01 Januari 2023 / 05:10 WIB
Profil Paus Emeritus Benediktus XVI yang Wafat pada Usia 95 Tahun

Sumber: CNA | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  VATIKAN. Vatikan mengumumkan bahwa Paus Emeritus Benediktus XVI, seorang teolog terkemuka abad ke-20 dan paus pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya dalam hampir 600 tahun, telah meninggal dunia pada usia 95 tahun.

Kematiannya diumumkan di Roma pada 31 Desember 2022.

“Dengan kesedihan saya memberi tahu Anda bahwa Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia hari ini pukul 9:34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan,” kata direktur kantor pers Vatikan Matteo Bruni. “Informasi lebih lanjut akan diberikan sesegera mungkin,” tambahnya seperti dikutip dari Catholic News Agency (CNA).

Lahir dengan nama Joseph Aloisius Ratzinger, dia terpilih menjadi paus pada April 2005, mengambil nama Benediktus XVI. 

Baca Juga: Paus Emeritus Benediktus XVI Wafat di Usia 95 Tahun

Ia terpilih menjadi paus setelah berpuluh-puluh tahun melayani Gereja Katolik sebagai teolog, prefek Kongregasi Ajaran Iman, kardinal, dan salah satu kolaborator terdekat St. Yohanes Paulus II, yang digantikannya.

Pada 11 Februari 2013, Benediktus yang berusia 85 tahun mengejutkan dunia dengan pengumuman pengunduran dirinya dalam bahasa Latin, menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang melakukannya. 

Benediktus menyebut usianya yang sudah lanjut dan kurangnya kekuatan sebagai tidak cocok untuk menjalankan jabatannya.

Secara luas Benediktus diakui sebagai salah satu teolog top Gereja Katolik, masa kepausan Benediktus ditandai dengan pemahaman mendalam tentang tantangan Gereja dalam menghadapi agresi ideologis yang berkembang, tidak terkecuali dari pola pikir Barat yang semakin sekuler, baik di dalam maupun di luar Gereja. 

Baca Juga: Kunjungi Paus Emeritus Benediktus XVI, Paus Fransiskus Bawa para Kardinal Baru

Benediktus terkenal memperingatkan tentang "kediktatoran relativisme" dalam sebuah homili tepat sebelum konklaf tahun 2005 yang memilihnya sebagai paus.

Lahir di sebuah desa kecil di Bavaria bernama Marktl am Inn pada 16 April 1927, paus masa depan dibesarkan di wilayah Jerman yang telah lama dikenal sebagai benteng pengabdian dan kesalehan Maria. Benediktus adalah anak ketiga dan bungsu dari Joseph dan Maria Ratzinger.



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×