kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produk Mobil Baru Terus Membanjiri Pasar Otomotif


Selasa, 13 Juni 2023 / 06:45 WIB
Produk Mobil Baru Terus Membanjiri Pasar Otomotif

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah agen pemegang merek (APM) otomotif cukup rajin merilis dan memperkenalkan produk mobil baru di pasar guna meningkatkan penjualannya pada 2023.

Salah satu APM yang hendak merilis model baru dalam waktu dekat adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Belum lama ini, akun resmi Instagram Suzuki merilis teaser peluncuran model baru yang rencananya akan dilakukan pada 15 Juni mendatang. Dalam teaser tersebut, terdapat tulisan “Ready for the new energy?” yang memancing rasa penasaran publik.

Banyak rumor yang beredar bahwa model baru Suzuki nantinya adalah XL7 Hybrid. Public Relations Head Suzuki Indomobil Sales Zulfikar Rafi Al-Ghanny tidak menjelaskan secara gamblang kepastian nama model baru Suzuki tersebut. Dia hanya bilang bahwa Suzuki akan meluncurkan SUV 7 Seater baru dalam beberapa hari ke depan.

“Silakan ditunggu pada hari tersebut untuk mengetahui tampilan dan informasi lebih lanjut,” kata dia, Senin (12/6).

Baca Juga: Permintaan Hyundai Ioniq 5 Melonjak Sejak Insentif PPN Mobil Listrik Berlaku

Sebelumnya, Suzuki memperkenalkan model Grand Vitara pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 silam. Grand Vitara sudah mulai didistribusikan perdana kepada konsumen pada 3 Juni lalu sebanyak lebih dari 230 unit dan masih akan bertambah dalam beberapa waktu mendatang.

Sejauh ini, jumlah unit Grand Vitara yang dijual dapat mengakomodasi permintaan konsumen di Indonesia. “Sehingga, kami dapat menghindari inden,” imbuh Ghanny.

PT Toyota Astra Motor (TAM) juga telah meluncurkan beberapa produk baru sejak awal tahun 2023. Mulai dari All-New Corolla Cross GR Sport Hybrid, All-New Agya dan All-New Agya GR Sport, RAV4 GR Sport PHEV, hingga All-New Yaris Cross Hybrid.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, model anyar RAV4 GR Sport PHEV dan All-New Yaris Cross Hybrid baru diperkenalkan saja oleh Toyota, alias belum dijual secara resmi. Namun, Toyota memastikan kedua model tadi akan segera hadir di pasaran tidak lama lagi.

Di sisi lain, penjualan All-New Corolla Cross GR Sport Hybrid diklaim cukup memuaskan sejak diluncurkan. Secara wholesales, model ini terjual sebanyak 194 unit atau menyumbang 31% dari total penjualan Corolla Cross Hybrid sebanyak 619 unit sepanjang Januari hingga Mei 2023.

Toyota juga mencatatkan penjualan All-New Agya dan All-New Agya GR Sport sebanyak 7.271 unit secara wholesales sejak Maret sampai Mei 2023. Dari jumlah tersebut, All-New Agya GR Sport memiliki porsi penjualan 18% dari seluruh penjualan varian baru Agya Toyota.

Baca Juga: Disebut Akan Bangun Pabrik di Indonesia, Begini Respons Mazda

“Kami terus mengusahakan ketersediaan unit agar waktu tunggu atau inden bisa diminimalisir,” tutur Anton, Senin (12/6).

Toyota menyebut bahwa pengurangan emisi karbon menjadi misi yang harus dicapai pelaku usaha otomotif nasional. Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk membuat mesin-mesin bertenaga non-elektrifkasi yang kini semakin ramah lingkungan dan fun to drive.

Dengan begitu, semua orang bisa ikut berkontribusi mengurangi emisi karbon dalam menjalani mobilitasnya menggunakan seluruh produk Toyota, baik dengan mobil bermesin bensin ataupun elektrifikasi.

PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan penyegaran produk melalui peluncuran Honda WR-V transmisi manual dan varian baru New Honda Brio.

Keberadaan WR-V bertransmisi manual untuk menjawab permintaan konsumen yang butuh mobil yang mudah dikendarai di luar Pulau Jawa yang notabene memiliki bentang alam bervariasi. Sementara, New Honda Brio kini tampil semakin stylish dan sporty sehingga cocok bagi para konsumen milenial.

“Hasil penjualan kedua model tersebut masih sesuai dengan target kami,” ujar Billy, Senin (12/6).

Honda berpeluang melakukan penyegaran lagi pada model lainnya dengan mempertimbangkan kondisi pasar dan permintaan dari konsumen. Tak ketinggalan, walau belum dibeberkan secara detail, Honda memastikan akan segera merilis dua model hybrid baru di Indonesia pada tahun ini.

Pabrikan asal China, Wuling Motors, juga sempat merilis model baru Wuling Alvez yang termasuk dalam segmen Compact SUV pada IIMS 2023. Sejak diluncurkan hingga bulan Mei 2023, model ini telah terjual secara wholesales sebanyak lebih dari 2.700 unit.

Baca Juga: Kendaraan Baru Pacu Pembiayaan

“Wuling Alves mendapat sambutan hangat di tengah persaingan segmen compact SUV,” tukas Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani, Senin (12/6).

Dia menilai, meski era elektrifikasi sedang berlangsung, Wuling masih membuka peluang untuk merilis model baru yang mengaplikasikan Internal Combustion Engine (ICE) pada masa mendatang demi memenuhi permintaan konsumen. Sebab, Wuling mencatat bahwa permintaan konsumen terhadap mobil dengan bahan bakar fosil faktanya masih mendominasi pasar otomotif.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menganggap kehadiran sejumlah model kendaraan baru akan semakin menambah pilihan konsumen di pasar otomotif nasional, sehingga diharapkan penjualan mobil nasional akan terus meningkat.

Gaikindo pun merevisi target penjualan mobil nasional pada 2023 dari sebelumnya 975.000 unit menjadi 1.050.000 unit. “Kami semua berharap agar angka tersebut dapat tercapai,” tandas Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×