Presidensi G20 dinilai akan memberi manfaat besar bagi Indonesia

Senin, 01 November 2021 | 10:05 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Presidensi G20 dinilai akan memberi manfaat besar bagi Indonesia

Presiden Joko Widodo menerima Presidensi G20 secara simbolis dari PM Italia pada Penutupan KTT G20 Roma, Minggu (31/10/2021).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut baik presidensi Indonesia di G20.

Presidensi G20 dinilai aman memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi Indonesia. Termasuk pada sektor perdagangan dan investasi.

"Tentunya presidensi G20 Indonesia akan membawa manfaat ekonomi, perdagangan dan promosi investasi yang sebesar-besarnya bagi Indonesia," ujar Koordinator Wakil Ketua Umum (WKU) III Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin, Shinta W. Kamdani saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (31/10).

Shinta bilang Indonesia dapat memberikan kontribusi untuk arah ekonomi global. Terutama menjadi corong bagi negara berkembang sebagai negara berkembang pertama yang memegang presidensi G20.

Baca Juga: Jokowi akan terima presidensi G20 dari Perdana Menteri Italia Mario Draghi

Selain itu, presidensi G20 juga akan berdampak pada branding dunia bisnis di Indonesia. Indonesia dinilai akan memperoleh pengakuan internasional, visibilitas, dan branding positif bagi turisme Indonesia, komunitas industri dan bisnis.

Presidensi G20 juga akan memberikan kesempatan industri Indonesia untuk mengakses jaringan internasional. Sehingga diharapkan dapat membangun kerja sama yang saling menguntungkan. "Pada akhirnya menarik investasi dan membangun kolaborasi yang saling menguntungkan," terang Shinta.

Momentum presidensi G20 juga dinilai Shinta dapat digunakan untuk mempromosikan keberhasilan Undang Undang Cipta Kerja. Sehingga Indonesia dapat menjadi negara tujuan investasi di Asia dan global.

Presidensi juga akan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi virus corona (Covid-19). Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali tahun depan dinilai akan memberikan sumbangan terhadap devisa.

Selanjutnya: Dukungan berbagai negara untuk presidensi G20 Indonesia tahun depan terus mengalir

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru