kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden China Xi Jinping Telepon Presiden Ukraina Zelenskiy untuk Pertama Kali


Kamis, 27 April 2023 / 06:35 WIB
Presiden China Xi Jinping Telepon Presiden Ukraina Zelenskiy untuk Pertama Kali

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Presiden China Xi Jinping berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy melalui telepon pada hari Rabu untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia ke Ukraina, memenuhi tujuan lama Kyiv yang telah secara terbuka meminta pembicaraan semacam itu selama berbulan-bulan.

Zelenskiy segera mengisyaratkan pentingnya kesempatan untuk membuka hubungan yang lebih dekat dengan teman Rusia yang paling kuat tersebut, menunjuk mantan menteri kabinet sebagai duta besar baru Ukraina untuk Beijing.

Menggambarkan panggilan telepon sebagai "panjang dan bermakna", Zelenskiy dalam tweetnya mengatakan: "Saya percaya bahwa panggilan ini, serta penunjukan duta besar Ukraina untuk China, akan memberikan dorongan yang kuat untuk pengembangan hubungan bilateral kita."

Baca Juga: Zelensky Undang Xi Jinping untuk Kunjungi Ukraina, Apa Tanggapan Rusia?

Xi mengatakan kepada Zelenskiy bahwa China akan mengirim perwakilan khusus ke Ukraina dan mengadakan pembicaraan dengan semua pihak untuk mencari perdamaian, lapor media pemerintah China.

Xi, pemimpin dunia paling kuat yang menahan diri untuk tidak mencela invasi Rusia, melakukan kunjungan kenegaraan ke Moskow bulan lalu. 

Sejak Februari, dia telah mempromosikan rencana perdamaian 12 poin untuk Ukraina, disambut dengan skeptis oleh Barat tetapi disambut dengan hati-hati oleh Kyiv sebagai tanda minat China untuk mengakhiri perang.

China akan fokus mempromosikan pembicaraan damai, dan melakukan upaya gencatan senjata sesegera mungkin, kata Xi kepada Zelenskiy, menurut laporan media pemerintah China.

"Sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan negara besar yang bertanggung jawab, kami tidak akan duduk diam, atau menuangkan minyak ke atas api, apalagi mencari keuntungan darinya," kata Xi.

Baca Juga: Pertemuan Selama 3,5 Jam Xi Jinping - Joe Biden, Puncak Kemesraan AS China di Bali

Gedung Putih menyambut baik seruan itu, yang dikatakan tidak memiliki pengetahuan lebih lanjut, tetapi mengatakan terlalu dini untuk mengatakan apakah itu akan mengarah pada kesepakatan damai.

"Itu hal yang bagus," kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby. "Sekarang, apakah itu akan mengarah pada semacam gerakan perdamaian yang berarti, atau rencana, atau proposal, saya rasa kita belum mengetahuinya sekarang."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×