Prediksi terjadi kejatuhan pasar, Robert Kiyosaksi sarankan koleksi 3 aset ini

Selasa, 05 Oktober 2021 | 11:44 WIB Sumber: Yahoo Finance
Prediksi terjadi kejatuhan pasar, Robert Kiyosaksi sarankan koleksi 3 aset ini

ILUSTRASI. Prediksi terjadi kejatuhan pasar, Robert Kiyosaksi sarankan koleksi 3 aset ini


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penulis keuangan dan investor terkemuka asa Amerika Serikat (AS) Robert Kiyosaki memprediksi pasar keuangan akan rontok pada bulan Oktober 2021 ini. Kehancuran pasar keuangan ini diprediksi sebagai yang terbesar adalam sejarah dunia.

Kehancuran pasar terbesar ini menurutnya dipicu gagal bayar utang oleh perusahaan properti terbesar kedua di China, Evergrande.

Melansir Yahoo Finance, Senin (4/10), penulis buku terpopuler Rich Dac Poor Dad  ini memprediksi gagal bayar Evergrande ini bisa merembes ke pasar saham global.  

"Rumah kartun turun. Real estate akan jatuh bersama pasar saham," kicau Kiyosaki dalam tweetnya minggu lalu. "Grup Evergrande China tidak bisa membayar. Penilaian properti palsu. Akankah kehancuran real estate akan menyebar ke kita? Ya," sambungnya.

Baca Juga: Investor terkenal ini ramal kehancuran pasar saham, Bitcoin bisa jatuh

Kiyosaki juga mengatakan pada Kitco News pada Rabu lalu bahwa akan terjadi crash terbesar dalam sejarah dunia. Untuk mengantisipasi ini, Kiyosaki memberikan sejumlah saran kepada para investor.

Kiyosaksi mengusulkan agar berinvestasi pada tiga aset berikut. 

1. Emas

Menabung emas merupakan investasi paling sederhana bagi Kiyosaki. Selama berabad-abad, emas telah menjadi aset yang masuk akal.  

Emas tidak dapat dicetak seperti halnya uang kertas. Nilai emas juga sebagian besar tidak terpengaruh oleh peristiwa ekonomi di seluruh dunia.

Baca Juga: Jodi Andrea Suryokusumo Terinspirasi Robert Kiyosaki dan Teman Kuliah

Ia mengatakan, investor acapkali terburu-buru memborong emas ketika krisis terjadi yang memicu kenaikan harga emas.

2. Perak

Sama seperti emas, perak bisa menjadi alternatif investasi untuk menjaga nilai kekayaan terhadap kenaikan suku bunga dan inflasi.

Logam abu-abu mungkin tidak tampak mengasyikkan, tetapi bisa menjadi pegangan yang sangat efektif selama masa ketidakpastian. Selama dua tahun terakhir, harga perak meningkat lebih dari 30%.

Seperti yang Anda harapkan, kenaikan harga perak mendapat manfaat penambang perak.

Beberapa cara termudah untuk memainkan booming perak yang menjulang adalah melalui penambang besar seperti Logam Berharga Wheaton, Pan American Silver, dan Coeur Mining.

3. Bitkoin

Setelah dianggap sebagai aset niche, Bitcoin sekarang memasuki arus utama. Anda dapat membeli Bitcoin secara langsung. Tetapi jika Anda tidak suka volatilitas semacam itu, Anda juga dapat berinvestasi di perusahaan yang telah mengikat diri mereka ke pasar Crypto.

Tesla, misalnya, memiliki sekitar 42.000 bitcoin sesuai dengan akun Twitter CEO Elon Musk. Ketika bitcoin bergerak, saham Tesla cenderung mengikuti.

PayPal adalah permainan kripto lain. Oktober lalu, perusahaan meluncurkan layanan di M.S. yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan menahan cryptocurrency. Ini memperkenalkan produk serupa untuk U.K. pada akhir Agustus.

Baca Juga: Inilah permainan yang bisa untuk belajar perencanaan keuangan

Dan kemudian ada Nvidia, yang dikenal dengan unit pemrosesan grafisnya. Produk perusahaan harus dimiliki untuk gamer video serius, tetapi mereka juga dengan permintaan tinggi di antara penambang cryptocurrency.

Perlindungan aset terbaik?

Sama seperti aset lain, harga emas, perak, dan bitcoin masih bisa jatuh dalam kecelakaan pasar. Kiyosaki bahkan meramalkan bahwa ketika pasar saham tenggelam, "itu akan membawa semuanya ke dalamnya," tulis Kiyosaki.

Jika kita ingin aset yang memiliki sedikit korelasi dengan pasang surut pasar saham atau real estat, ada satu lagi yang perlu dipertimbangkan yaitu tanah pertanian.

Baca Juga: Sofwan Farisyi, Direktur Utama RUIS, menuai pendapatan pasif dari investasi

Bahkan jika kehancuran pasar keuangan selanjutnya akhirnya menjadi yang terbesar dalam sejarah dunia, orang-orang masih perlu makan. Dan selama bertahun-tahun, pertanian telah terbukti menawarkan pengembalian yang disesuaikan dengan risiko yang lebih tinggi daripada stok dan real estat.

Platform baru memungkinkan Anda berinvestasi di lahan pertanian AS dengan mempertaruhkan peternakan pilihan Anda.

Anda akan mendapatkan penghasilan tunai dari biaya leasing dan penjualan tanaman. Dan tentu saja, Anda akan mendapat manfaat dari apresiasi jangka panjang di atas itu.

Selanjutnya: 10 tip keuangan agar bertahan di tahun 2016

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru