kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,19   -7,17   -0.77%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prediksi Menkes: Kasus Covid-19 Secara Nasional Akan Turun dalam 2 Pekan Mendatang


Senin, 28 Februari 2022 / 10:19 WIB
Prediksi Menkes: Kasus Covid-19 Secara Nasional Akan Turun dalam 2 Pekan Mendatang

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus Covid-19 secara nasional diprediksi akan turun dalam dua pekan mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Budi mengatakan, kasus Covid-19 di Indonesia sudah melandai. Penurunan disebabkan meredanya kasus di sejumlah provinsi padat penduduk. Kondisi ini membuat Budi yakin kasus Covid-19 akan terus mengalami penurunan.  

"Provinsi-provinsi besarnya seperti DKI Jakarta dan Banten sudah menurun. Jawa Barat, Jawa Timur sudah sampai di puncak. Jawa tengah juga sudah melandai. Saya rasa ke depannya dalam seminggu atau dua minggu ke depan, secara nasional akan turun," ujar Budi dalam keterangan virtual selepas rapat terbatas tentang PPKM dengan Presiden Joko Widodo, Minggu (27/2/2022).

Selain DKI Jakarta dan Banten, Budi menyebut Banten, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Barat juga sudah terkonfirmasi mengalami penurunan tren kasus Covid-19, berdasarkan pemantauan 3 pekan berturut-turut. 

Baca Juga: Pemerintah bakal Lakukan Uji Coba Bebas Karantina bagi PPLN pada Pertengahan Maret

Beberapa provinsi lain juga mengalami tren penurunan kasus Covid-19 sepekan belakangan. Seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, namun pemerintah masih melihat konsistensi penurunannya hingga 2 pekan depan. 

"Tapi beberapa provinsi masih mengalami peningkatan, khususnya di Jawa itu Yogyakarta masih meningkat, kemudian di Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur. Di Sumatera Utara juga masih meningkat, Kepulauan Riau dan Riau juga masih meningkat, dan juga beberapa provinsi di Sulawesi," ungkap Budi. 

Kasus harian Covid-19 sempat mencapai titik tertinggi pada 16 Februari 2022 yang mencapai 64.718. Setelah itu mengalami fluktuasi namun tak melebihi kasus pada 16 Februari.  

Baca Juga: Per 26 Februari: Kasus Corona RI Tembus 5.504.418, Terus Pakai Masker

Kasus tercatat lebih dari 60 ribu lagi pada 23 Februari yang mencapai 61.488. Tren penurun dimulai setelah itu, hingga di bawah 40 ribu pada Minggu 27 Februari. Kasus tercatat sebanyak 34.976.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes Prediksi Kasus Covid-19 Turun dalam 2 Pekan ke Depan"
Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Krisiandi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×