kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Poros Politik Mulai Tersingkap Pasca PDI-P Tunjuk Ganjar Pranowo Bakal Capres 2024


Senin, 01 Mei 2023 / 05:05 WIB
Poros Politik Mulai Tersingkap Pasca PDI-P Tunjuk Ganjar Pranowo Bakal Capres 2024

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Poros politik mulai tersingkap pasca Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menetapkan kadernya Ganjar Pranowo sebagai bakal Calon Presiden (Capres) yang berlaga pada pemilihan umum tahun 2024.

Sejak dimumumkan ketua umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, bahwa Ganjar sebagai Capresd ari PDI-Perjuangan , sejumlah partai politik makin intens berkomunikasi dengan PDI-P. 

"Sejauh ini telah ada beberapa partai politik menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden," ujar Ketua DPP PDI Perjuangan, Bidang Perekonomian, MH Said Abdullah dalam siaran pers, Minggu (30/4).

Baca Juga: PDI Perjuangan dan PPP Akan Bertemu Akhir Pekan Ini, Apa Agendanya?

Sebagai wujud konkrit dukungan tersebut, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyambangi Kantor DPP PDI-P pada hari Minggu.

"Silaturahmi ini tentu sangat berkesan bagi kami. Selain PPP adalah tetangga dekat kami, sebab Kantor DPP PDI Perjuangan dan Kantor PPP hanya dipisahkan tembok," ucapnya.

Kunjungan DPP PPP ke Kantor DPP PDI Perjuangan di pimpin Plt Ketua Umum DPP PPP, Mardiono beserta jajaran DPP PPP lainnya. Kunjungan tersebut disambut langsugn Megawati didampingi Ganjar Pranowo selaku calon presiden dari PDI Perjuangan, serta jajaran Sekjen dan DPP PDI Perjuangan. 

Dalam pertemuan tertutup dengan jajaran DPP PDI Perjuangan dan DPP PPP, Said bilang, Ganjar menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kehormatan dan penugasan yang diberikan oleh Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan, dan terima kasih atas dukungan PPP dalam menjalankan tugas sebagai calon presiden. 

Said menambahkan, Meskipun PDI Perjuangan berdasarkan ketentuan perundangan undangan bisa mencalonkan calon presiden dan wakil presiden, tanpa harus bekerja sama dengan partai politik lain, namun PDI Perjuangan berkomitmen untuk bekerja sama dengan partai politik lainnya dengan dilandasi kesamaan visi dan melihat tantangan bangsa dan negara kedepan. Prinsip gotong royong sebagai jiwa Pancasila terus kami kedepankan.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Konsentrasi Pendukung Ganjar Ada di Sejumlah Wilayah Ini

Menurut Said, kerjasama antara PDI Perjuangan dan PPP telah terjalin sangat lama. PDI Perjuangan dan PPP sebagai partai yang sama sama pernah merasakan tekanan politik dari orde baru. Pada tahun 1997 banyak simpatisan PDI dan PPP mendeklarasikan poros Mega-Bintang, yakni persatuan kekuatan arus bawah antara PDI dan PPP melawan tekanan orde baru. 

"Kami punya jejak sosio-historis yang sangat lama,"terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×