Ekonomi

PMI cetak rekor, pemerintah kian percaya diri ekonomi kian kondusif

Selasa, 04 Mei 2021 | 07:15 WIB   Reporter: Bidara Pink
PMI cetak rekor, pemerintah kian percaya diri ekonomi kian kondusif

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja manufaktur Indonesia kembali meningkat pada April 2021. IHS Markit mencatat, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada bulan April 2021 sebesar 54,6 atau naik dari 53,2 pada bulan Maret 2021.

Bahkan, lembaga tersebut mengatakan posisi ini merupakan yang paling tinggi sejak IHS Markit melakukan survei satu dekade lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melihat, angka PMI manufaktur ini menunjukkan dunia usaha sedang dalam fase ekspansi, didorong oleh keyakinan dunia usaha atas perbaikan kondisi ekonomi.

Baca Juga: Pemerintah optimistis perbaikan ekonomi kuartal I akan terus berlanjut

“Pemerintah meyakini dengan kondisi yang sudah mulai kondusif, maka ada kepercayaan dari dunia usaha untuk memulai aktivitas manufakturnya kembali,” ujar Airlangga dalam keterangan resminya, Senin (3/5).

Kemudian, geliat dari dunia usaha ini diharapkan mampu memberikan multiplier effect pada perekonomian Indonesia. Apalagi, peningkatan ini menunjukkan adanya perbaikan permintaan tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga ekspor.

Dan ke depan, Airlangga pun optimistis tren positif pemulihan ekonomi akan terus berlanjut, terdorong oleh perbaikan baik dari sisi permintaan maupun persediaan.

Editor: Yudho Winarto
Terbaru