kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pipi Bulat dan Kemerahan Putri Kim Jong Un Bikin Rakyat Korut Marah, Mengapa?


Kamis, 02 Maret 2023 / 12:52 WIB
Pipi Bulat dan Kemerahan Putri Kim Jong Un Bikin Rakyat Korut Marah, Mengapa?
ILUSTRASI. Rentetan publikasi sang putri di media telah menimbulkan kebencian yang meluas, secara rahasia, di antara publik Korea Utara. KCNA via REUTERS

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Judul resmi "Putri Tercinta" dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang ditampilkan oleh media pemerintah menunjukkan sang putri mengenakan mantel panjang berkerah bulu dengan kancing emas, dihiasi dengan bros emas dan sarung tangan kulit berkualitas tinggi.

Dia juga tampak berhati-hati untuk tidak mengacaukan gaya rambutnya yang rapi saat dia, ayahnya, dan beberapa pejabat tinggi lainnya menggali sekop tanah seremonial pertama pada peresmian jalan baru di ibu kota Pyongyang pada 25 Februari 2023 lalu. Ini merupakan penampilan publik resmi terbarunya dan menjadi yang ketiga di bulan yang sama.

Melansir Radio Free Asia, para ahli berspekulasi bahwa pengenalan Kim Ju Ae baru-baru ini dihadapan publik, yang diyakini berusia 9 tahun, merupakan bagian dari upaya propaganda untuk melunakkan citra ayahnya dengan menggambarkannya sebagai pria yang cinta keluarga, atau bahwa dia diposisikan untuk memerintah satu hari menggantikan ayahnya.

Di sisi lain, menurut sejumlah sumber di Korea Utara, rentetan publikasi sang putri di media telah menimbulkan kebencian yang meluas, secara rahasia, di antara publik Korea Utara. 

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Pangan, Kim Jong Un Perintahkan Perluasan Lahan Pertanian

Kondisi tersebut mengingatkan orang-orang tentang urutan kekuasaan nasional: Mereka yang dekat dengan kepemimpinan negara didahulukan, dan semua orang hidup dalam kemelaratan yang relatif.

Di negara yang dilanda kekurangan pangan kronis dan kemiskinan yang meluas, bertahan hidup saja sudah merupakan perjuangan bagi banyak orang. 

Jadi, seorang penduduk provinsi barat laut Pyongan Utara mengatakan kepada Radio Free Asia dengan syarat anonimitas untuk alasan keamanan, bahwa laporan tentang peristiwa ayah-anak terbaru membuat marah banyak orang.

“Itu membuat saya marah karena situasi saya sangat sulit untuk ditanggung, dan Kim Ju Ae, yang kita semua tahu makan dan hidup dengan baik, sering muncul di TV dengan pakaian mewahnya,” kata sumber tersebut.

Baca Juga: Kim Jong Un Minta Rakyatnya Bersatu Agar Terhindar dari Krisis Pangan

Pipi bulat dan kemerahan

Orang lain memperhatikan betapa sehatnya Ju Ae dengan pipinya yang bulat dan kemerahan.

"Orang-orang mengatakan hal-hal seperti, 'Dia pasti makan dengan sangat baik, wajahnya sangat putih dan montok seperti bulan,'" kata sumber itu. 

"Kebanyakan orang tidak bisa makan dengan benar sehingga tulang pipi mereka lebih menonjol dari wajah mereka daripada sebelumnya," tambah sang sumber.

Warga yang tinggal di utara ibu kota di provinsi Pyongan Selatan membandingkan penampilan Kim Ju Ae dengan anak-anak kurus yang tinggal di lingkungan mereka, kata seorang sumber di sana kepada RFA.

"Mereka marah melihat wajah putih montok Putri Tercinta begitu sering muncul dalam propaganda," kata sumber kedua. “Mereka mengatakan bahwa dia terlihat sangat berbeda dari anak-anak orang biasa, yang bahkan tidak bisa makan tiga kali sehari karena kekurangan makanan.”



TERBARU

×