kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pimpin Misa untuk Umat Katolik di Bahrain, Paus Fransiskus Minta Tunjukkan Kebaikan


Minggu, 06 November 2022 / 05:40 WIB
Pimpin Misa untuk Umat Katolik di Bahrain, Paus Fransiskus Minta Tunjukkan Kebaikan

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  AWALI. Pemimpin Umat Katolik sedunia Paus Fransiskus mengadakan misa untuk ribuan umat Katolik di Bahrain pada Sabtu (5/11). 

Kepada umat Katolik yang sebagian besar orang asing di negeri tersebut dan jumlahnya kecil, Paus mendesak mereka untuk menunjukkan kebaikan kepada tuan rumah meskipun mereka kadang-kadang dipandang sebelah mata.

Melansir Reuters, ada sekitar 30.000 orang yang memenuhi Stadion Nasional Bahrain dan merupakan pertemuan terbesar kedua untuk Misa kepausan di Semenanjung Arab. 

"Ini keajaiban," kata Mary Grace Fortes, 36 tahun, seorang Filipina yang bekerja di resepsi sebuah hotel di Bahrain. "Sangat penting bagi kami."

Baca Juga: Terkait Penunjukkan Uskup Katolik, Vatikan dan China Perbaharui Kesepakatan

Seperti banyak wanita Filipina yang bekerja di luar negara mereka, Fortes menikah dan mengirim uang kembali ke rumah untuk membantu menghidupi keluarganya, termasuk suami dan putranya yang berusia 16 tahun.

Ratusan pekerja asing Katolik diangkut dengan bus di sepanjang 25 km (16 mil) King Fahd Causeway yang menghubungkan Bahrain dengan Saudia Arabia, di mana tidak ada gereja dan di mana umat Katolik tidak dapat beribadah secara terbuka.

"Orang-orang Bahrain mengatur segalanya dengan sempurna untuk kami," kata Jos Chazoor, 53 tahun, yang berasal dari Kerala di India dan bekerja sebagai manajer untuk sebuah perusahaan peralatan medis di Arab Saudi.

Ibu Chazoor yang berusia 75 tahun terlalu diliputi emosi untuk menanggapi pertanyaan wartawan tepat sebelum paus tiba di stadion yang penuh sesak dengan sambutan antusias dengan mengibarkan bendera kuning-putih Vatikan.

Baca Juga: Belajar dari Skandal Masa Lalu, Vatikan Keluarkan Aturan & Larang Sejumlah Investasi

"Dia terlalu bersemangat untuk berbicara," kata Chazoor, yang berkendara bersama ibunya melewati jalan lintas dari Arab Saudi secara teratur untuk menghadiri Misa di salah satu dari dua gereja Bahrain, yang menyediakan pelayanan pastoral bagi sekitar 160.000 umat Katolik di Bahrain.

Dalam homilinya, Fransiskus tampak memuji kebijakan Bahrain yang relatif terbuka terhadap non-Muslim.

"Tanah ini adalah gambaran hidup dari koeksistensi dalam keragaman, dan memang gambaran dunia kita, yang semakin ditandai dengan migrasi terus-menerus dari masyarakat dan oleh pluralisme ide, adat istiadat dan tradisi," katanya.

Pekerja asing, banyak dari mereka dari Asia, menjadi tulang punggung ekonomi Teluk, bekerja di sektor-sektor seperti konstruksi, perhotelan, transportasi dan sektor minyak dan gas.

Organisasi Perburuhan Internasional mengatakan para pekerja migran Teluk telah lama menghadapi masalah termasuk eksploitasi oleh agen perekrutan dan majikan, kondisi kerja yang buruk, akses terbatas ke keadilan dan kebebasan berserikat yang terbatas atau tidak sama sekali.

Baca Juga: Menag Yaqut Berjabat Tangan dengan Paus Fransiskus, Ini yang Disampaikannya

Fransiskus mendesak para pendengarnya untuk bersikap baik bahkan kepada penduduk asli di wilayah Teluk yang tidak memperlakukan mereka dengan baik, dengan mengatakan bahwa ini adalah kunci dari pesan Injil untuk mengasihi musuh Anda.

Dia mengatakan mereka harus selalu "bertekun dalam kebaikan bahkan ketika kejahatan dilakukan pada kita, mematahkan spiral balas dendam, melucuti kekerasan, demiliterisasi hati".

Ketika Fransiskus didorong dengan mobil paus terbuka melewati kerumunan di lapangan stadion tepat sebelum Misa dimulai, seorang pembicara di platform altar berteriak, "Tuhan memberkati paus, Tuhan memberkati keluarga kerajaan."

Doa umat selama Misa dibacakan dalam bahasa yang digunakan oleh pekerja asing termasuk Tagalog, Swahili, Malayalam, Tamil dan Konkani.

Misa dihadiri oleh salah satu putra Raja Hamad bin Isa Al Khalifa dan beberapa menteri pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×