PHK Ratusan Karyawannya, Ruangguuru: Keputusan Sulit

Sabtu, 19 November 2022 | 06:30 WIB   Reporter: Nurtiandriyani Simamora
PHK Ratusan Karyawannya, Ruangguuru: Keputusan Sulit


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan startup Ruangguru mengakui adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan kepada ratusan karyawannya. Pengakuan ini disampaikan External Communications Associate Manager Ruangguru Gwendolyn Betsy kepada Kontan.co.id, Jumat (18/11).

“Benar, hari ini Ruangguru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sebagian pegawai Ruangguru. Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini. Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis,” kata Gwen.

Terkait karyawan yang terkena PHK, Gwen mengatakan perusahaan telah memberikan pesangon dan hak-hak yang pantas didapatkan karyawan yang terdampak.

Baca Juga: Ruangguru Luncurkan Ruangguru for Kids & Akuisisi Schoters, Bimbingan Studi LN

“Kami ingin juga menyampaikan bahwa semua yang terdampak telah mendapatkan pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak (jika masih ada sisa cuti), sesuai UU yang dibayarkan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh. Kami pun juga memperpanjang asuransi bagi yang terdampak,” lanjut Gwen.

Setelah melakukan PHK massal kepada ratusan karyawannya, tampaknya Ruangguru ingin memperbaiki image perusahaan dengan mengikuti rekam jejak yang dilakukan Shopee yang berupaya merekomendasikan karyawannya melalui jejaring media sosial kepada perusahaan lain yang membutuhkan karyawan baru.

Bedanya Ruangguru membantu karyawan dengan memberikan dukungan konsultasi karir dan akses kelas Pengembangan karir jika dibutuhkan.

“Kami juga berkomitmen untuk membantu yang terdampak untuk mendapatkan pekerjaan baru segera dengan mengalokasikan tim rekruter Ruangguru khusus dan memberikan dukungan konsultasi karir, psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan,” kata Gwen.

Usai melepaskan ratusan karyawannya, Ruangguru tetap optimis dengan prospek, kesempatan, dan posisi unik yang dimiliki oleh Ruangguru untuk terus memberikan akses terhadap layanan pendidikan berkualitas bagi penggunanya.

Baca Juga: Sinyal 'Winter Is Coming' Nyata, Pengamat ICT: Bisnis Digital Mulai Masuk Masa Sulit

“Kami juga ingin menyampaikan bahwa hal ini tidak berdampak pada layanan kami dan kepada seluruh pelanggan Ruangguru,” kata Gwen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru