Pesawat Militer China Terbang ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan

Selasa, 19 Juli 2022 | 05:35 WIB Sumber: Taiwan News
Pesawat Militer China Terbang ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan


KONTAN.CO.ID -   TAIPEI. Sebuah pesawat militer China terbang ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan pada Minggu (17/8)), menandai hari kesembilan kalinya penyusupan pesawat China bulan ini.

Pesawat perang anti-kapal selam Shaanxi Y-8 One People's Liberation Army Air Force (PLAAF) terbang ke sudut barat daya ADIZ Taiwan, menurut Kementerian Pertahanan Nasional (MND).

Sebagai respons, Taiwan mengirim pesawat, mengeluarkan peringatan radio, dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara untuk melacak pesawat PLAAF.

ADIZ adalah area yang melampaui wilayah udara suatu negara di mana pengontrol lalu lintas udara meminta pesawat yang masuk untuk mengidentifikasi diri.

Baca Juga: Senator AS Berkunjung ke Taipe, China Gelar Latihan Tempur di Dekat Taiwan

Sejauh bulan ini, China telah mengirim 36 pesawat militer ke zona identifikasi Taiwan, termasuk 17 jet tempur, dua pesawat pengebom tempur, satu pesawat pengebom, satu helikopter, dan 15 pesawat pengintai.

Sejak September 2020, China telah meningkatkan penggunaan taktik zona abu-abu dengan secara rutin mengirim pesawat ke ADIZ Taiwan, dengan sebagian besar kejadian terjadi di sudut barat daya.

Pada tahun 2021, pesawat militer China memasuki ADIZ Taiwan pada 961 kasus selama 239 hari, menurut MND.

Baca Juga: Di Tengah Ketegangan dengan China, Taiwan Pamer Jet Tempur Latih Baru Buatan Lokal

Taktik zona abu-abu didefinisikan sebagai "upaya atau serangkaian upaya di luar pencegahan dan jaminan kondisi mapan yang berupaya mencapai tujuan keamanan seseorang tanpa menggunakan kekuatan langsung dan cukup besar."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru