Pertumbuhan Penjualan Eceran Melambat, Tapi Masih di Zona Optimistis

Sabtu, 10 Desember 2022 | 08:00 WIB   Reporter: Bidara Pink
Pertumbuhan Penjualan Eceran Melambat, Tapi Masih di Zona Optimistis


KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Pertumbuhan penjualan eceran pada November 2022 melambat dibandingkan pada Oktober 2022.

Survei Penjualan Eceran menunjukkan, Indeks Penjualan Riil (IPR) November 2022 tumbuh 0,7% month on month (mom). Lebih rendah dari pertumbuhan pada Oktober 2022 yang sebesar 2,3% mom. 

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman mengatakan, perlambatan pertumbuhan penjualan eceran sejalan dengan penurunan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan laporan. 

IKK pada November 2022 tercatat 119,1 atau menurun dari 120,3 pada Oktober 2022. Meski menurun, ini masih berada di zona optimistis atau indeks di atas 100.

Baca Juga: Penjualan Eceran dan Tekanan Inflasi pada April 2023 Diperkirakan Meningkat

“Jadi, ini sejalan dengan IKK. Melemah, tapi masih di zona optimistis. Begitu juga IPR yang masih tumbuh, tapi melambat,” kata Faisal kepada Kontan.co.id, Jumat (9/12).

Namun, seiring dengan momen Natal dan Tahun Baru, Faisal meyakini penjualan eceran akan meningkat. Terutama, bila tingkat inflasi terkendali. 

Senada dengan Faisal, Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual mengungkapkan, masih tumbuhnya penjualan eceran seiring dengan momen Natal dan Tahun Baru. 

Baca Juga: Ekspektasi Konsumen Terhadap Prospek Perekonomian Menurun

Namun, pertumbuhan penjualan eceran bisa melandai setelah Tahun Baru. Baru, naik lagi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. David melihat, ini hanya pola musiman. Sehingga, tak akan menekan kinerja pertumbuhan konsumsi rumah tangga. 

Ia meyakini, konsumsi rumah tangga pada kuartal IV-2022 dan kuartal I-2023 bisa tumbuh masing-masing sekitar 5% yoy hingga 5,5% yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru