Perlu hapus akun secara keseluruhan jika berhenti pakai WhatsApp, ini caranya

Kamis, 21 Januari 2021 | 20:10 WIB Sumber: Kompas.com
Perlu hapus akun secara keseluruhan jika berhenti pakai WhatsApp, ini caranya

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Berhenti dari penggunaan aplikasi WhatsApp tidak cukup hanya uninstall. Pengguna juga perlu menghapus akun WhatsApp. Tanpa dihapus, data dari akun tersebut akan tersimpan selamannya di server WhatsApp . Bagaimana cara menghapus akun WhatsApp?

Sejak mengumumkan aturan baru tentang kebijakan privasi di platformnya, semakin banyak pengguna meninggalkan WhatsApp. Banyak yang uninstall WhatsApp dan beralih ke aplikasi lain seperti Telegram dan Signal.

Aturan baru WhatsApp itu menyangkut persetujuan pengguna untuk menyerahkan data pribadi mereka ke Facebook. Hal ini tentu menimbulkan tanda tanya besar di kalangan pengguna WhatsApp.

Jika sudah yakin meninggalkan WhatsApp sepenuhnya dan beralih ke aplikasi lain, ada baiknya pengguna mencadangkan data dan menghapus akun terlebih dahulu agar data pribadi mereka tidak tersimpan secara permanen.

Baca juga: Cukup 6 langkah, ini cara memindahkan percakapan grup Whatsapp ke Signal

Lantas, bagaimana cara memindahkan data dan menghapus akun WhatsApp secara keseluruhan? Berikut cara memindahkan data dan menghapus akun WhatsApp secara keseluruhan sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Life Wire, Rabu (20/1/2021).

Cara mencadangkan (backup) data WhatsApp:

1. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk mengunjungi menu "Settings".

2. Pilih opsi "Chats", lalu klik "Chat Backup".

3. Kemudian ketuk opsi "Backup to Google Drive".

4. Pastikan Anda sudah log In ke akun Google yang aktif.

5. Nantinya akan muncul pilihan seperti di bawah ini. Anda bisa memilih "Never" agar aplikasi tidak dapat mencadangkan data secara berkala.

6. Setelah semua tahapan dilakukan, klik "Back Up" untuk memulai proses pemindahan data ke Google Drive.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru