kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat bisnis asuransi, Allianz akuisisi Westpac General Insurance


Rabu, 02 Desember 2020 / 17:50 WIB
Perkuat bisnis asuransi, Allianz akuisisi Westpac General Insurance

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Allianz SE mengakuisisi unit asuransi Westpac Banking General senilai AU$ 725 juta setara US$ 335 juta. Hal ini dilakukan Allianz untuk mengerek pendapatannya. 

Dalam klausul transaksi, disebutkan Allianz juga akan menjadi distributor polis asuransi umum seperti kecelakaan hingga rumah kepada nasabah Westpac. 

"Kami sangat pusat atas penguatan kerja sama ini terhadap pasar ritel di Australia, dan berencana menguatkan relasi kami dengan Westpac," ungkap CEO Allianz Oliver Baete dikutip dari Bloomberg, Rabu (2/12).

Sampai September, Westpac tercatat telah mendistribusikan 550.400 polis yang setara AU$ 555 juta. 

Adapun aksi akuisisi ini disebut Baete dilakukan Allianz guna memangkas biaya, selagi potensi pengurangan pendapatan saat pandemi menggerus bunga acuan dan menekan harga industri asuransi. Adapun sepanjang sembilan bulan tahun, ini Allianz tercatat telah meraih pendapatan € 1,3 miliar atau setara US$ 1,6 miliar. 

Baca Juga: Ditopang pengeluaran masyarakat, ekonomi Australia tumbuh 3,3% secara kuartalan

Selain mengakuisisi Westpac, di bulan April lalu, Allianz juga teken kerja sama dengan Banco Bilbao Vizcaya Argentaria SA untuk membentuk perusahaan patungan yang memasarkan bancassurance di Spanyol.

Perusahaan anyar tersebut dikuasai Allianz dengan mengambil porsi 50% saham plus 1 saham senilai € 277 juta. Adapun akhir tahun lalu, Allianz juga membeli 4% saham Taikang Lige Insurance Co asal Beijing dari Goldman Sachs Group Inc. 

Adapun Westpac bakal melanjutkan fokusnya pada bisnis perbankan, pasca skandal AU$ 1,3 miliar yang menyeret perusahaan terkait kasus pencucian terbesar di Australia. Bulan lalu, Westpac bilang tengah mengkaji sejumlah unit bisnisnya yang kurang menguntungkan seperti wealth management yang direncanakan bakal dijual.

"Rencana ini merupakan langkah lanjutan untuk menyederhanakan bisnis kami sembari membantu nasabah memenuhi kebutuhan asuransi umumnya," ujar CRO Westpac Peter Kingsaid.

Selanjutnya: Jet tempur J-11 China terlihat lakukan latihan militer intensif di wilayah Barat Laut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×