kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan AS Krisis, Warren Buffett Telpon Orang Dalam Joe Biden


Senin, 20 Maret 2023 / 00:15 WIB
Perbankan AS Krisis, Warren Buffett Telpon Orang Dalam Joe Biden

Sumber: South China Morning Post,Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - WILMINGTON. Investor Kawakan Warren Buffett telah menghubungi pejabat senior dalam pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam beberapa hari terakhir saat krisis perbankan regional terungkap.

Komunikasi antara Buffett dan administrasi Biden dijelaskan orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya saat membahas informasi pribadi. 

Belum jelas peran apa, jika ada, yang mungkin dimainkan oleh investor miliarder itu untuk mengatasi krisis setelah kegagalan Silicon Valley Bank, Signature Bank, dan Silvergate Capital awal bulan ini.

Baca Juga: Rahasia Kaya Warren Buffett: Investasikan Lagi Profit yang Didapat

CEO Berkshire Hathaway ini yang memiliki sejarah panjang dalam melangkah untuk membantu bank dalam krisis, memanfaatkan status investasi kultusnya dan bobot finansial untuk memulihkan kepercayaan pada perusahaan yang sakit. 

Bank of America memenangkan suntikan modal dari Buffett pada tahun 2011, setelah sahamnya anjlok di tengah kerugian yang terkait dengan subprime mortgage. Buffett juga memberikan bantuan sebesar US$ 5 miliar kepada Goldman Sachs pada tahun 2008 untuk menopang bank setelah keruntuhan Lehman Brothers.

Perwakilan Berkshire dan Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pejabat di Departemen Keuangan AS menolak berkomentar.

Regulator AS meluncurkan langkah-langkah luar biasa untuk meredakan pelanggan akhir pekan lalu, berjanji untuk membayar penuh simpanan yang tidak diasuransikan di bank yang gagal. Saham di bank regional terus turun minggu ini di tengah kekhawatiran akan menyebarnya rasa sakit.

Tim Biden, yang mewaspadai pukulan balik politik, telah bergerak untuk mengatur penghalang yang tidak memerlukan pengeluaran pemerintah langsung dari pembayar pajak, termasuk tindakan Federal Reserve. 

Baca Juga: Signature, SVB, dan Silvergate Ambruk, Begini Dampaknya Bagi Mata Uang Kripto



TERBARU

×