Penyebab sertifikat vaksin Covid-19 belum juga muncul di PeduliLindungi dan solusinya

Senin, 06 September 2021 | 08:19 WIB Sumber: Kompas.com
Penyebab sertifikat vaksin Covid-19 belum juga muncul di PeduliLindungi dan solusinya

ILUSTRASI. Masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 akan mendapat sertifikat sebagai bukti telah melakukan vaksin. (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 akan mendapat sertifikat sebagai bukti telah melakukan vaksin. Sertifikat vaksin tersebut akan didapat beberapa hari setelah peserta melakukan vaksin. 

"Kalau tidak masalah, tiga sampai empat hari paling lama," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/9/2021). 

Sertifikat tersebut akan diperoleh oleh peserta melalui SMS dari 1199 yang berisi tautan sertifikat vaksin Covid-19. Jika tidak mendapat SMS, peserta bisa mengecek sertifikat vaksin Covid-19 secara langsung melalui laman atau aplikasi PeduliLindungi. 

Sebagian peserta mengeluhkan sertifikat vaksinnya belum muncul di PeduliLindungi meski sudah berhari-hari divaksin Covid-19.  

Baca Juga: Kementerian Kesehatan klaim tak ada kebocoran data di aplikasi PeduliLindungi

Dihubungi Kompas.com, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi mengatakan, biasanya peserta yang sertifikat vaksin Covid-19 belum muncul karena terjadinya ketidaksesuaian data yang diberikan saat melakukan vaksinasi. 

"Nomor HP yang didaftarkan pada saat vaksinasi salah atau tidak sesuai dengan yang digunakan untuk mengakses sertifikat vaksinasi,” ujar Dedy. 
Faktor lainnya, karena disebabkan data peserta vaksinasi masih dalam proses input ke dalam sistem satu data. 

Baca Juga: Menkominfo klaim keamanan aplikasi PeduliLindungi sudah terjamin

Solusinya 

Dedy mengatakan, jika ada keluhan terkait sertifikat vaksin Covis-19, peserta bisa menyampaikan keluhannya secara langsung dengan menghubungi helpdesk di nomor 119 ext. 9. Peserta juga bisa menyampaikan kendala terkait sertifikat vaksin Covid-19 melalui email sertifikat@pedulilindungi.id. 

Email dikirim dengan format nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal lahir, dan nomor handphone. Agar bisa langsung diproses, Kemenkes meminta peserta untuk menuliskan biodata secara lengkap dengan melampirkan foto selfie dengan KTP serta menjelaskan keluhan yang dialami secara rinci. 

Jika masalah sertifikat vaksin telah diselesaikan, maka sertifikat vaksin peserta akan muncul di PeduliLindungi dan peserta dapat mengunduhnya. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru