kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyakit ginjal menyebabkan Covid-19 semakin parah


Kamis, 10 Desember 2020 / 04:05 WIB
Penyakit ginjal menyebabkan Covid-19 semakin parah

Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Infeksi Virus Corona bisa semakin parah karena berbagai macam faktor. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien Covid-19 yang memiliki sakit ginjal lebih banyak membutuhkan perawatan rumah sakit daripada pasien dengan kondisi kesehatan lainnya.

Melansir Healio (healio.com), hasil penelitian itu didapat dari studi yang dilakukan para peneliti asal Geisinger. Studi melibatkan data dari 12.917 orang yang melakukan tes Covid-19. 1.604 di antaranya positif terinfeksi Virus Corona dan 354 orang membutuhkan perawatan rumah sakit.

Para peneliti mengidentifikasi 21 fenotipe klinis pada lima kategori penyakit. Hasilnya, pasien dengan penyakit ginjal stadium akhir 11 kali lebih banyak membutuhkan perawatan rumah sakit daripada pasien tanpa penyakit ginjal.

Penyakit lainnya yang berhubungan dengan ginjal dan bisa memperparah Covid-19 adalah gagal ginjal akut dan transplantasi ginjal. Selain itu, kondisi kesehatan lain yang memperparah infeksi Virus Corona adalah diabetes, gagal jantung, dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Bisa kurangi keparahan virus corona, operasi bariatrik pada penderita obesitas

Mengutip dari Healio, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penderita penyakit ginjal dan pemilik faktor risiko lain perlu lebih berhati-hati terhadap penularan Virus Corona. Usahakan untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Hindari berkerumun dengan orang banyak di ruangan yang berventilasi buruk. Jika harus melakukan kegiatan dengan banyak orang, cobalah untuk menjaga jarak dan pakai masker secara benar. Tak hanya itu, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer juga tak boleh dilupakan.

Baca Juga: Virus corona sudah menelan nyawa 1,5 juta warga dunia

Supaya sistem imun tubuh tetap terjaga, terapkan pola hidup sehat. Rajin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi bisa Anda lakukan supaya daya tahan tubuh Anda kuat. Jika perlu, konsumsi vitamin atau suplemen yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Virus Covid-19 bisa sebabkan kelainan paru-paru pada pasien

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×