Penjualan Mobil Nasional Diyakini Capai 960.000 Unit Sepanjang Tahun Ini

Kamis, 24 November 2022 | 08:35 WIB   Reporter: Dimas Andi
Penjualan Mobil Nasional Diyakini Capai 960.000 Unit Sepanjang Tahun Ini


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meyakini penjualan mobil nasional akan terus tumbuh sekalipun ada tantangan ancaman resesi global.

Sebagai informasi, pada periode Januari-Oktober 2022, penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mobil nasional tumbuh 21,1% year on year (YoY) menjadi 851.413 unit. Penjualan ritel (dealer ke konsumen) mobil nasional juga naik 21,4% menjadi 822.013 unit hingga Oktober lalu.

Khusus di bulan Oktober 2022, penjualan wholesales mobil nasional tercatat sebanyak 93.197 unit sedangkan di kategori retail penjualan mobil menyentuh angka 89.651 unit.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menyampaikan, tren positif penjualan mobil akan terus berlanjut di sisa tahun ini. Gaikindo pun memperkirakan penjualan mobil nasional akan mencapai 960.000 unit di akhir tahun ini.

Baca Juga: Honda Catat Peningkatan Penjualan Mobil Sebesar 34% hingga Oktober 2022

Gaikindo juga menilai ancaman resesi tidak lantas membuat tren penjualan mobil surut di tahun depan. Apalagi, Indonesia sejauh ini cenderung lebih tahan banting ketimbang negara-negara maju, baik dari sisi tingkat inflasi ataupun pertumbuhan ekonomi.

“Kami harapkan penjualan mobil di tahun 2023 bisa mencapai angka 975.000 unit,” kata Jongkie, Rabu (23/11).

Sementara itu, salah satu Agen Pemegang Merek (APM), Wuling Motors berhasil membukukan penjualan mobil lebih dari 21.000 unit selama Januari-Oktober 2022. Kontributor utama penjualan Wuling berasal dari seri Confero, kemudian disusul oleh model Air ev, lalu Almaz dan Cortez.

Namun, dalam dua bulan terakhir, Wuling Air ev yang masuk ke dalam kategori kendaraan listrik sukses menjadi kontributor utama bagi penjualan Wuling Motors di Indonesia. 

“Wuling Air ev menjadi mobil listrik terlaris di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir secara berturut-turut,” ungkap Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors, Rabu (23/11).

Wuling Motors juga menilai pasar otomotif Indonesia akan terus tumbuh baik di akhir tahun ini maupun ketika memasuki tahun 2023. Ke depannya, Wuling akan terus fokus berinovasi untuk dapat menjawab kebutuhan konsumen dan tren yang terjadi di pasar.

Baca Juga: Penjualan Toyota Astra Motor (TAM) Naik 20,53% Jadi 276.820 Unit per Oktober 2022

Julian Olmon, Head of Marketing Communication PT Nissan Motor Distributor Indonesia menambahkan, selama tahun 2022 berjalan, model-model seperti Nissan Kicks e-POWER, Livina, Serena, dan Magnite banyak diminati oleh konsumen. Nissan sendiri mampu mencetak penjualan wholesales sebanyak 2.087 unit di periode Januari-Oktober 2022 berdasarkan data Gaikindo.

“Tren permintaan mobil Nissan terus meningkat, termasuk untuk model elektrifikasi seperti Nissan Kicks e-POWER dan Nissan Leaf,” imbuh dia, Rabu (23/11).

Kendati begitu, pihak Nissan belum bisa mengungkapkan secara gamblang rencana peluncuran model baru pada tahun 2023 mendatang.

Selanjutnya: Banyak Sentimen Positif, Kapan Waktu Tepat Beli atau Jual Saham BUMI?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru