kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengusaha Ritel Yakin Penjualan Akan Segera Terdongkrak, Ini Penyebabnya


Jumat, 11 Maret 2022 / 06:25 WIB
Pengusaha Ritel Yakin Penjualan Akan Segera Terdongkrak, Ini Penyebabnya

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengusaha ritel mulai optimistis, penjualan eceran berpotensi menguat ke depan, seiring dengan makin terkendalinya jumlah kasus positif Covid-19.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, dengan makin terkendalinya kasus, maka masyarakat akan lebih optimis untuk mengunjungi pusat perbelanjaan.

“Terlebih, pada bulan depan akan memasuki bulan Ramadhan sehingga kunjungan ke pusat perbelanjaan akan mulai berlangsung meningkat,” ujar Alphon kepada Kontan.co.id, Kamis (10/3).

Akan tetapi, Alphon masih melihat tantangan yang berpotensi menghambat pertumbuhan penjualan ritel ke depan, yaitu adanya ketidakpastian gloval yang salah satunya mengakibatkan kenaikan biaya energi.

Kenaikan biaya energi ini kemudian bisa mengakibatkan peningkatan biaya produksi barang dan ini akan dibebankan pada konsumen lewat peningkatan harga produk/barang.

Baca Juga: DJP: Sesuai Amanat UU, Tarif PPN 11% Berlaku 1 April 2022

Di tengah ancaman peningkatan harga, Alphon juga menilai rencana pemerintah untuk meningkatkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11% yang akan mulai efektif pada 1 April 2022 akan semakin membebani masyarakat.

“Kenaikan tarif PPN yang dilakukan di tengah ketidakpastian global saat ini akan menghambat pemulihan ekonomi nasional yang sebenarnya telah mulai membaik,” tambah Alphon.

Untuk itu, Alphon mengimbau pemerintah untuk tetap menjaga peningkatan harga untuk menjaga daya beli masyarakat. Salah satunya dengan menunda rencana kenaikan tarif PPN.

“Setidaknya hingga 2 sampai 3 tahun, atau sampaid engan kondisi yang penuh dengan ketidakpastian seperti saat ini sudah teratasi,” tandas Alphon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

×