kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penguncian ketat, warga Malaysia kibarkan bendera putih untuk meminta bantuan


Selasa, 06 Juli 2021 / 00:05 WIB
Penguncian ketat, warga Malaysia kibarkan bendera putih untuk meminta bantuan

Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Saat Mohamad Nor Abdullah mengibarkan bendera putih di luar jendelanya pada larut malam, dia tidak menyangka dukungan akan mengalir deras. Pada pagi hari, lusinan orang asing mengetuk pintunya, menawarkan makanan, uang tunai, dan dorongan semangat.

Penguncian nasional Malaysia untuk mengekang lonjakan virus corona diperketat lebih lanjut pada hari Sabtu, melarang orang-orang di daerah tertentu meninggalkan rumah mereka kecuali untuk membeli makanan dan kebutuhan.

Hal itu membuat Mohamad Nor putus asa. Dia mencari nafkah dengan menjual nasi lemak kemasan, hidangan populer nasi santan dengan bumbu, di warung pinggir jalan setiap pagi, tetapi pendapatan itu hilang dan bantuan pemerintah tidak mencukupi.

Kampanye bendera putih yang muncul di media sosial pekan lalu bertujuan untuk membantu orang-orang seperti Mohamad Nor, yang berusia 29 tahun dan lahir tanpa lengan. Secara kebetulan, dia melihat kampanye di Facebook dan memutuskan untuk mencoba mencari bantuan.

Baca Juga: 7 Alasan Singapura berani hidup berdampingan bersama Covid-19!

“Itu sangat tidak terduga. Begitu banyak orang yang mengulurkan tangan untuk membantu, mendukung, dan juga menyemangati saya,” kata Mohamad Nor, duduk di kamarnya yang suram di tengah kotak-kotak biskuit, beras, minyak goreng, dan air yang dengan cepat disumbangkan kepadanya. 

Dia mengatakan orang Samaria yang baik hati menawarkan untuk membantu membayar sewa kamarnya dan bahwa bantuan itu seharusnya cukup untuk membantunya melewati beberapa bulan ke depan.

Kampanye #benderaputih dimulai sebagai tanggapan masyarakat Malaysia terhadap meningkatnya kasus bunuh diri yang diyakini terkait dengan kesulitan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi. Polisi melaporkan 468 kasus bunuh diri dalam lima bulan pertama tahun ini, rata-rata empat kasus per hari dan naik tajam dari 631 kasus sepanjang tahun 2020.

Unggahan media sosial mendesak orang-orang untuk mengibarkan bendera putih atau kain untuk menandakan bahwa mereka membutuhkan bantuan segera “tanpa harus mengemis atau merasa malu.” Puluhan retailer makanan dan selebriti telah menanggapi dengan tawaran bantuan dan banyak orang Malaysia telah berkeliling lingkungan mereka untuk menemukan bendera putih.

Ribuan orang kehilangan pekerjaan sejak Malaysia memberlakukan berbagai pembatasan pergerakan, termasuk keadaan darurat virus corona yang telah menangguhkan Parlemen hingga 1 Agustus. Penguncian nasional ketat yang diberlakukan pada 1 Juni adalah yang kedua dalam lebih dari setahun.

Kasus virus corona di Malaysia telah melonjak menjadi lebih dari 778.000 kasus, hampir tujuh kali lipat dari keseluruhan tahun lalu, dengan lebih dari 5.400 kematian.

Namun tidak semua setuju gerakan bendera putih sebagai pertunjukan persatuan dan solidaritas.

Seorang anggota parlemen dari partai Islam, yang merupakan bagian dari koalisi yang berkuasa, menarik kemarahan publik ketika dia menyuruh orang-orang untuk berdoa kepada Tuhan daripada mengibarkan bendera putih sebagai tanda menyerah. 

Selanjutnya: Thailand umumkan pembatasan baru di Bangkok dan lima provinsi sekitarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×