Pengumuman BKN: Jadwal SKB CPNS 2021 dimulai 15 November

Jumat, 12 November 2021 | 06:34 WIB Sumber: Kompas.com
Pengumuman BKN: Jadwal SKB CPNS 2021 dimulai 15 November

ILUSTRASI. Jadwal SKB CPNS Tahun 2021 yang menggunakan CAT BKN bakal digelar pada 15 November 2021. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak pertanyaan yang muncul terkait lanjutan jadwal ujian CPNS 2021. Misalnya saja, kapan tes SKB CPNS 2021? Kapan jadwal SKB? Kapan pelaksanaan SKB CPNS 2021?  

Artikel ini akan membantu pembaca memahami informasi terkait pengumuman jadwal SKB CPNS 2021, termasuk ketentuan dan syarat mengikuti ujian SKB. 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi telah mengumumkan jadwal SKB CPNS 2021 melalui surat Nomor: 14334/B-KS.04.01/SD/E/2021 perihal Penyampaian Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Tahun 2021. 

Surat tertanggal 4 November 2021 tersebut ditandatangani Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen. 

Disebutkan dalam surat itu, SKB CPNS Tahun 2021 yang menggunakan CAT BKN bagi Instansi Pusat dan Instansi Daerah di lokasi BKN Pusat, Kantor Regional dan UPT BKN dimulai pada tanggal 15 November 2021. 

Baca Juga: Kapan hasil SKD CPNS 2021 tahap 2 diumumkan? Simak jadwal terbarunya ini

Terkait hal ini, Instansi wajib membuat jadwal rinci per formasi jabatan dan disampaikan kepada publik di webite atau media sosial resmi Instansi. 

BKN meminta, bagi Instansi Pusat yang lokasi ujiannya berada di Kantor Regional dan UPT BKN agar berkoordinasi dengan Kepala Kantor Regional/Kepala UPT terkait persiapan pelaksanaan SKB CPNS dan untuk lokasi ujian mandiri agar berkoordinasi dengan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi. 

“Bagi Instansi Daerah yang lokasi ujiannya berada di lokasi ujian mandiri atau cost sharing mandiri agar berkoordinasi dengan Kepala Kantor Regional BKN sesuai wilayah kerja masing-masing,” tulis surat tersebut, dikutip pada Kamis (11/11/2021). 

Adapun Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang lokasi ujiannya berada di lokasi ujian mandiri wajib berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah pada titik lokasi penyelenggaraan SKB Tahun 2021 dan spesifikasi PC client. 

Baca Juga: Cek pengumuman hasil SKD CPNS 2021 di sscasn.bkn.go.id, ada 2 cara

Sementara itu, Instansi yang memiliki jenis tes lain selain dengan CAT BKN, dapat mulai melaksanakan SKB lebih awal sebelum jadwal SKB dengan CAT BKN. 

“Panitia seleksi Instansi Pusat dan Instansi Daerah wajib berperan aktif melakukan upaya pencegahan segala bentuk praktik-praktik kecurangan dalam pelaksanaan SKB,” tegas BKN dalam suratnya. 

Untuk bisa mengikuti ujian SKB CPNS 2021, jangan hanya fokus mempelajari kisi-kisi SKB CPNS 2021 atau materi SKB CPNS 2021. Pasalnya, terdapat pula sejumlah ketentuan terkait protokol kesehatan SKB CPNS 2021 yang juga harus dipenuhi supaya bisa ikut ujian. 

Pelaksanaan SKB CPNS wajib dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat, antara lain: 

  1. Melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 3x24 jam atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1x24 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti SKB;
  2. Menggunakan masker 3 lapis (3 ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker);
  3. Jaga jarak (physical distancing) minimal 1 (satu) meter;
  4. Cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer;
  5. Ruang kegiatan maksimal diisi 30 (tiga puluh) persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan SKB Tahun 2021 yang akan dilakukan. 

Baca Juga: Ini persyaratan peserta tes SKB CPNS 2021 tahap 1 dan cara cetak kartu ujiannya

Selain itu, peserta SKB wajib mengisi formulir Deklarasi Sehat yang terdapat di website sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian. 

Formulir yang telah diisi wajib dibawa pada saat pelaksanaan seleksi dan ditunjukkan kepada petugas sebelum dilakukan pemberian PIN registrasi. 

Adapun penjadwalan ulang bagi peserta SKB yang terkonfirmasi positif Covid-19 dilaksanakan pada hari terakhir SKB + 1 di setiap titik lokasi ujian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BKN Umumkan Jadwal SKB CPNS 2021 Dimulai 15 November, Ini Ketentuannya"
Penulis : Muhammad Choirul Anwar
Editor : Muhammad Choirul Anwar

 

Selanjutnya: Cek nilai ambang batas seleksi PPPK Guru 2021 tahap 2 terbaru!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru