Penerbangan dari Indonesia dilarang masuk ke 7 negara ini, mana saja?

Rabu, 14 Juli 2021 | 10:33 WIB Sumber: Kompas.com
Penerbangan dari Indonesia dilarang masuk ke 7 negara ini, mana saja?

ILUSTRASI. Beberapa memutuskan untuk menangguhkan dan mengetatkan kedatangan dari Indonesia ke wilayah masing-masing. SIngapura, salah satunya. REUTERS/Edgar Su


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia darurat Covid-19. Virus Covid-19 varian Delta yang lebih menular telah menyebar ke beberapa daerah di Indonesia.

Selain memperlambat penyebaran varian tersebut, pemerintah Indonesia juga tengah berupaya melandaikan jumlah kasus infeksi Covid-19 harian dengan menerapkan PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021. 

Adanya lonjakan kasus yang belakangan terjadi membuat situasi pandemi Covid-19 di Indonesia memprihatinkan, dan mendapat perhatian dari sejumlah negara. 

Bahkan, beberapa memutuskan untuk menangguhkan dan mengetatkan kedatangan dari Indonesia ke wilayah masing-masing. 

Lantas, apa saja negara yang menghentikan sementara penerbangan dari Indonesia?

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19, Selasa (13/7): Tambahan vaksinasi hari ini 700.946 dosis  

Berikut Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/7/2021): 

1. Singapura 

Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan, mereka memperketat kedatangan dari Nusantara. Mengutip Kompas.com, Sabtu (10/7/2021), keputusan itu disampaikan hari Sabtu melalui situs resminya. 

Dalam situs tersebut, dikatakan bahwa kebijakan tersebut berlaku mulai Senin (12/7/2021). Singapura mengurangi jumlah kedatangan dari Indonesia untuk warga negara non-Singapura, serta mereka yang bukan penduduk permanen Singapura. 

Baca Juga: Data Corona Indonesia, Senin (12/7): Melonjak lagi, tambah 40.427 kasus positif

Seluruh wisatawan yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam kurun waktu 21 hari terakhir tidak akan diizinkan transit di sana. 

Sejak Senin, wisatawan yang berkunjung harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 melalui tes PCR yang diambil dalam kurun waktu 48 jam sebelum keberangkatan. Wisatawan yang mendarat di sana tanpa hasil negatif Covid-19 yang valid tidak diizinkan memasuki Negeri Singa. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru